Pengajar BIPA Luar Negeri di Filipina


Jeepney Ecoland mengantarkan Perjalanan Saya
dari Uyanguren menuju KJRI Davao City




Perjalanan ke luar negeri merupakan kisah unik bagi kita para perantau di segala bidang. Hal ini dikarenakan banyaknya perbedaan budaya yang meliputi aspek bahasa dan kebiasaan masyarakat di suatu negara. Tidak hanya perbedaan saja, namun terkadang dengan adanya persamaan membuat kita berpikir kritis terhadap fenomena yang kita jumpai. Saya akan mengisahkan salah satu kisah unik saya, ini adalah hari ke-20 saya ditugaskan menjadi pengajar bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Davao City, Filipina. Saya menganggap kisah saya hari ini sangat unik. Kisah ini dimulai dari perjalanan menuju Uyanguren dari Konsulat Jenderal RI Davao City.
Perjalanan saya hari ini mempunyai misi ke toko Amarah untuk menemui Ibu Anifa si pemilik toko. Kisah punya kisah Ibu Anifa tertarik untuk belajar bahasa Indonesia. Saya mendapatkan info tersebut dari rekan saya orang Indonesia yang menjadi guru di Sekolah Indonesia Davao. Misi saya adalah bisa bertemu dengan beliau dan mengajaknya mengikuti Kursus bahasa Indonesia. Alhamdulillah misi berhasil. Ibu Anifa tertarik belajar bahasa Indonesia dan akan memulai pembelajaran setelah Idul Fitri. Ibu Anifa mengungkapkan bahwa ia selalu mengunjungi Indonesia 3 kali setiap tahunnya  untuk berbelanja di pasar Tanah Abang. Beliau adalah pengusaha toko pakaian muslim di daerah Uyanguren, Davao City, Filipina. Setelah selesai melakukan penawaran dengan Ibu Anifa saya langsung berpamitan. Saat itu saya tidak bisa berlama-lama berada di toko Amarah karena melihat banyak pelanggan yang ingin membeli dagangan Ibu Anifa. Saya berada di sana hanya sekitar 15 menit. Setelah berpamitan, saya berdiri di depan toko dan mendokumentasikan toko tersebut dengan kamera telepon seluler saya. Ada hal yang saya ingat ketika saya sedang menunggu Jeepney di depan toko Amarah. Saya lupa belum mendokumentasikan foto saya dengan Ibu Anifa. Kemudian saya masuk lagi dan mengungkapkan keinginan saya untuk berfoto dengan beliau sebagai bahan dokumentasi. Ibu Anifa tersenyum dan berusaha memperbaiki hijab yang ia pakai. Kemudian kami mengambil foto sebanyak tiga kali.
Perjalanan naik Jeepney dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia menuju Uranguyen menggunakan Jeepney yang ada tulisan Ecoland. Jeepney tergolong transportasi umum yang sangat murah di Filipina. Jarak jauh maupun dekat dalam 1 rute hanya 8 PHP (Peso Filipina) jika dirupiahkaan saat ini sekitar Rp 2.400,00 (dua ribu empat ratus ribu rupiah) kurs ini bisa berubah setiap saat. Perjalanan dari KJRI Davao berjalan lancar. Transportasi umum ini tidak adak kondekturnya seperti di Indonesia. Sopir akan berhenti jika ada seseorang yang berdiri di pinggir jalan dan mencoba menawarkan dengan hanya tatapan mata sekejap. Jika orang tersebut berjalan menuju arah Jeepney tersebut berarti ia akan naik Jeepney dengan jurusan tersebut. Jika tidak mungkin ingin naik dengan rute lainnya. Pembayaran yang dilakukan untuk naik Jeepney adalah secara estafet antar penumpang dan diberikan kepada penumpang yang paing dekat dengan sopir. Penumpang yang meminta tolong akan mengatakan “Salamat” (terima kasih). Jika ingin berhenti tidak perlu berhenti seperti sedang naik angkot di Indonesia. Cukup berkata lembut “Lugarlang atau Paralang” (berhenti) atau “Indonesia Embassy Lang”.
Ini adalah pengalaman pertama naik Jeepney jarak jauh sejak saya bertugas di Filipina. Pengalaman pertama yang saya dapatkan merupakan sebuah  pengalaman luar biasa. Perjalanan naik Jeppney dari KJRI Davao menuju Uyanguren tidak ada masalah. Namun ada kisah unik saat perjalanan Uyangureng ke KJRI Davao City. Setelah saya naik Jeepney, sekitar 10 menit ada seseorang laki-laki berbadan kecil, berkumis tipis, dan berjenggot. Pakaiannya dekil dan aromanya sangat bau. Orang tersebut duduk tepat di samping saya. Kemudian dia berbicara panjang lebar (entah bahasa Bisaya atau Tagalog saya tidak paham) saya hanya tahu dia menyebut kata terminal Ecoland. Setelah beberapa saat duduk, ia melepaskan sepatunya  dan membenahi tali sepatunya dengan 2 bolpoin. Entahlah... Sambil melirik tingkahnya saya juga sedikit takut jika dia melakukan hal yang tidak-tidak pada saya. Bersyukur selalu pakai masker kemana-mana (ya Allah .... Baunya pengen pindah tapi tempat duduk penuh).
Setelah sekian lama, 10 menitan akhirnya tempat duduk depan saya kosong dan saya pindah. Bapak tersebut menatap saya begitu tajam dan saya takut dia marah. Akhirnya sopir memberhentikan Jeepney dan berkata pada satpam (saya tidak tahu artinya apa) dari gerakannya bapakanya memberikan kode "orang ini kurang waras" akhirnya satpam mendekati tanpa berbuat kasar dan orang tersebut turun. Hal yang saya dapatkan hari ini adalah toleransi dan emosi yang bisa dijaga antarsesama manusia. Menghargai orang lain itu ternyata tidak perlu dari sebuah ucapan saja, namun bagaimana kita bisa menjaga tingkahlaku kita terhadap orang lain. Walaupun Bapak itu kurang waras tapi orang sekitar hanya menutup hidung karena menahan baunya. Tapi tidak ada yang memarahinya ataupun melakukan perbuatan kasar.
Davao City, 5 Juni 2018
Yeyen Purwiyanti


Comments

  1. Sri mulyani_2
    Cerita pendek ini menarik. Ada beberapa hal positif yang bisa di ambil dari cerita tersebut. Pertama mulai dari warga negara Filipina yang ingin belajar bahasa Indonesia, itu tentunya banyak warga asing yang menyukai dan tertarik dengan bahasa kita yaitu bahasa Indonesia,dengan itu saya sadar bahwa kita harus patut bangga terhadap bahasa Indonesia dan lebih menghargai bahasa Indonesia. Kedua, peristiwa yang terjadi pada saat bertemu dengan orang yang berpenampilan berantakan dan bau nya tidak enak, dari itu ada amanat yang dapat di ambil. Terakhir saya mau bertanya, apakah ada hal lain yang menyebabkan ibu penjual baju itu ingin belajar bahasa indonesia terlepas dari ketertarikan dengan bahasa Indonesia?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu Anifa, penjual baju tersebut memiliki usaha baju muslim di Filipina. Hal yang menjadi ketertarikannya belajar bahasa Indonesia adalah untuk menunjang bisnisnya, karena Bu Anifa sering berbelanja di Tanah Abang, Jakarta. Jika Bu Anifa dapat menguasai bahasa Indonesia dengan baik, hal tersebut dapat menunjang bisnisnya, tentunya Bu Anifa akan dapat berkomunikasi dengan baik saat berbelanja di Indonesia :)

      Delete
    2. Pesan moral yang saya dapat dari cerita diatas adalah saling menghargai sesama orang lain dengan cara tidak menyinggung mereka. (Angga Wahyu Saputra_X6)

      Delete
    3. Pesan moral yang saya dapatkan dari cerita diatas adalah kita harus saling menghargai sesama manusia,jangan pernah berfikir negatif tentang dia walaupun dari penampilan nya kelihatan seperti orang jahat namun belum tentu hatinya jahat begitu pun sebaliknya, kita tidak boleh berprasangka buruk kepada orang lain kita harus menjaga sopan santun dan menghormatinya.
      Kita harus bisa menahan emosi agar orang lain tidak merasakan tersinggung .
      (Ajeng Hanifa X6/04)

      Delete
    4. Undang-undang Uni Eropa mewajibkan Anda untuk memberikan informasi kepada pengunjung Uni Eropa tentang cookie yang digunakan dan data yang dikumpulkan di blog. Dalam banyak kasus, undang-undang ini juga mewajibkan Anda untuk mendapatkan persetujuan pengunjung.

      Delete

    5. Perjalanan ke luar negeri merupakan kisah unik bagi kita para perantau di segala bidang. Hal ini dikarenakan banyaknya perbedaan budaya yang meliputi aspek bahasa dan kebiasaan masyarakat di suatu negara.

      Delete
  2. Dalam kurun waktu yang dapat dibilang cukup lama berada di Filipina, pastinya bu guru masih memiliki beberapa kisah unik lainnya yang dialami bu guru sewaktu berada di sana. Sementara itu, pastinya bu guru juga menemukan hal-hal baru di sana. Entah berkaitan dengan budaya, tradisi, dan juga dalam hal bersosialisasi. Menurut pandangan bu guru sendiri, apakah ada perbedaan antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat Filipina dalam hal bersosialisasi ataupun dalam hal perlakuan terhadap sesama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbedaan dalam berbagai aspek tentu banyak sekali. Namun hidup sebagai makhluk sosial tidak menjadikan kita sulit untuk bergaul dengan perbedaan tersebut. banyaknya perbedaan itu menjadikan kita banyak belajar dari berbagai macam aspek kehidupan, sehingga kita menyadari bahwa manusia diciptakan berbeda-beda :)

      Delete
  3. Saling toleransi antar sesama manusia dan menghindari adanya perbuatan yang kasar,dengan hanya menutup hidung saja meskipun dalam keadaan yang seperti itu.(shela yulia_4)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya ulasannya dapat lebih jelas lagi ya

      Delete
  4. Kisah di atas merupakan kisah yang dialami langsung oleh Bu Yeyen ketika menjadi pengajar BIPA di Filipina, yang saat itu sedang melakukan misi untuk pergi ke toko Amarah untuk menemui ibu Anifah. Singkat cerita, ketika Bu Yeyen ingin pergi ke Uyangureng menuju KJRI Davao city, beliau bertemu dengan orang gila dan duduk bersebelahan dengan orang gila tersebut di jeepney. Ketika orang gila tersebut diajak turun oleh satpam, satpam tersebut tidak berbuat kasar kepada orang gila tersebut. Dari kisah di atas, kita dapat mengambil pelajaran bahwa kita harus saling menghormati serta menghargai kepada sesama orang, entah orang itu mengalami gangguan mental ataupun cacat fisik. Kita juga tidak perlu berbuat kasar terhadap sesuatu yang seaslinya dapat dihadapi dengan tindakan yang halus, serta kita harus senantiasa menjaga sopan santun dan tingkah laku dimana pun kita berada. (Siti Roziatun_1)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ulasannya sudah bagus, terima kasih dan tingkatkan kembali kemampuan berbahasanya.

      Delete
  5. Kharisma Septianingrum_3
    Menurut saya cerpen di atas bahasa yang digunakannya mudah dipahami . Selain itu kosa kata yang digunakan dalam cerpen tersebut sering dijumpai dalam kehidupan sehari - hari. Cerpen tersebut juga bagus , ceritanya menarik dan sederhana.Selain itu, cerpen di atas sangatlah unik bagi saya karena hal yang diceritakan dalam cerpen tersebut merupakan kegiatan atau aktivitas yang sederhana dalam kehidupan sehari - hari. Walaupun sederhana tetapi cerpen di atas memiliki inti yang baik bahwa kita harus menjaga emosi dan toleransi antarsesama manusia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga cerita tersebut dapat menginspirasi ya.

      Delete
  6. Menurut saya ceritanya sangat menarik karena ada hal posotif yang terkandung dalam bacaan tersebut,yang pertama yaitu motivasi untuk belajar yang di tunjukan kepada ibu Anifa yang ingin belajar bahasa indonesia dan yang kedua yaitu adanya adab atau tatakrama dab toleransi dalam bacaan yang di tandai dengan adanya penumpang jaapney tiga mempererat antar hubungan negara karena di tunjukan kepada ibu Anifa yang ingin sekali belajar bahasa indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal yang perlu kita tahu bahwa tata krama dan etika tidak hanya diucapkan saja, namun perlu ditunjukan dalam tindakan.

      Delete
  7. Klara Ramadani_3

    Cerpen ini cukup menarik bagi setiap pembacanya. Kata-kata lugas dan mudah dipahami dengan alur cerpen yang jelas tidak berbelit-belit. Cerita yang disampaikan dapat menarik pembacanya merasakan keunikan yang dirasakan oleh bu guru. Selain itu cerpen ini juga memberikan pembelajaran tentang toleransi dan emosi yang disampaikan melalui orang sekitar dan pak satpam yang diceritakan. Namun, ada satu penulisan kata yang tidak tepat yakni pada kalimat ke empat paragraf ke tiga.

    ReplyDelete
  8. Irhas safaat_2
    Cerita ini sangat menarik dan menggambarkan sedikit tentang bagaimana keadaan di negara filipina. Untuk warga negara asing yang belum pernah pergi atau ingin pergi ke Filipina ini sekidit dapat menjadi pengetahuan untuk mereka. Pengetahuan dalam segala sikap, perilaku dan pengucapan. Persoalan yang ingin saya tanyakan yaitu apakah motivasi ibu mengajarkan ibu penjual baju tadi tentang bahasa Indonesia dan bagaimana kesan pertama ibu naik jeep di Filipina?

    ReplyDelete
    Replies
    1. motivasi saya mengajarkan saya bahasa Indonesia ke Ibu Anifa adalah saya ingin mengenalkan bahasa Indonesia di berbagai kalangan. jadi tidak hanya akademisi yang hanya mampu belajar bahasa Indonesia.

      Delete
  9. Ceritanya menurut saya menarik, ada beberapa sisi positif yang dapat saya ambil dari cerita tersebut. Pertama yaitu warga negara asing yang tertarik untuk belajar bahasa indonesia. Kedua, sifat toleransi dan emosi yang dapat dijaga antar sesama manusia serta saling menghargai satu sama lain. Dari cerita tersebut apa yang membuat ibu anifa tertarik belajar bahasa indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar bahasa asing tentunya memiliki manfaat yang banyak untuk setiap orang. Ibu Anifa selalu mengunjungi Indonesia setiap tahunnya untuk perjalanan bisnis, jika ia mampu menguasai bahasa Indonesia tentu akan mempermudahkan ia berkomunikasi saat ia berada di Indonesia.

      Delete
  10. Prita Dwi Novitasari_4
    Ceritanya sangat menarik dan bagus. Dari cerpen tersebut kita dapat mengambil pelajarannya yaitu bertoleransi terhadap sesama walaupun orang tersebut memiliki kekurangan dan kita tidak perlu beremosional dalam berkata terhadap orang tersebut

    ReplyDelete
  11. Michel Aprilia_2
    Pengalaman dan pembelajaran yang menarik. Memberi motivasi yang positif yang dapat kita terapkan di kehidupan kita. Alasan mengapa harus memiliki rasa bangga terhadap Indonesia kita dapat dari cerita ini. Tapi, yang membuat saya penasaran itu, kenapa sopir hanya bertanya lewat tatapan mata? Apa memang di sana orang-orang tidak banyak berbicara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komunikasi dapat digunakan secara verbal dan nonverbal. Jadi tidak harus mengeluarkan perkataan yang keras. Semua orang pasti akan berbicara sesuai kebutuhannya.

      Delete
  12. 1. Cerpen ini menggunakan kongjungsi penegas pada paragraf 5.
    2. Cerpen ini juga menggunakan kongjungsi temporal atau "saya berada di sana selama 15 menit.
    3. Cerpen ini mempunyai kekurangan pada awal kalimat menggunakan kata, jika,kemudia,hal dan ini.
    4. Cerpen ini memberi motivasi kita untuk melakukan sesuatu tidak harus melakukan kasar.
    5. Cerpen ini menceritakan pengalaman di Uyaguren dan kehidupan di sana.
    6. Cerpen ini memotivasi untuk kita terapkan di Indonesia.
    (Maya_2)

    ReplyDelete
  13. Rofik Wahyu Hidayat_4

    Judul : Jeepney Ecoland mengantarkan Perjalanan Saya
    dari Uyanguren menuju KJRI Davao City
    Penulis : Yeyen Purwiyanti, M.Pd.

    Cerpen diatas menceritakan tentang perjalanan penulis di hari ke-20 sebagai pengajar BIPA di Filipina.


    Kelebihan:
    Cerpen diatas sangat menarik. Menggunakan bahasa yang sehari-hari yang mudah dipahami oleh pembaca. Cerita tersebut bisa memberikan pengalaman tersendiri untuk pembaca

    Kekurangan:
    ada kata yang salah pada kutipan "penumpang yang paing dekat dengan sopir." Yang benar adalah paling

    Buku ini cocok dibaca oleh semua kalangan

    ReplyDelete
  14. Gea Destiana Larasati_2
    Dari cerita tersebut saya melihat banyak sisi positif.Pertama ada seorang pemilik toko yang ingin belajar bahasa Indonesia.Kedua ,ada seorang pria yang bau dan bersikap aneh.Tapi semua menghargai orang tersebut.Menghargai tidak hanya dari mulut saja ,tetapi dari tingkah laku juga.Saling bertoleransi antar sesama dan menghindari perbuatan kasar.

    ReplyDelete
  15. Amelia novita sari_3
    Dapat disimpulkan bahwa berada Di negara lain menambah pengalaman dan wawasan, mulai dari adat istiadat, Kebiasaan Masyarakat setempat dan lain-lain. Dan ketika Bu guru bertemu dengan seorang laki-laki berbadan kecil, berkumis tipis, dan berjenggot. Pakaiannya dekil dan aromanya sangat bau dan saat satpam mengusir lelaki tersebut secara tidak kasar dapat kita ambil sisi positifnya bahwa Bagaimana pun kondisi seseorang kita tetap harus Saling toleransi dan berperilaku Baik. Dari cerpen di atas mengajarkan kita bahwa Sikap toleransi harus senantiasa di tanam sejak sedini mungkin dan Menghargai orang lain tidak perlu dari sebuah ucapan saja, namun bagaimana kita bisa menjaga tingkah laku kita terhadap orang lain.

    ReplyDelete
  16. Bagian awal dari cerita sangat menarik dan membuat pembaca ingin melihat kisahnya hingga terakhir. Cerita tersebut mengisahkan pengalaman pribadi Bu Yeyen Purwiyanti. Ada hal yang sangat menginspirasi dan membuat sadar banyak orang akan pentingnya peduli dengan sesama tanpa melihat dari keadaan luar seseorang. Kepeduliaan tersebut ditunjukan dengan tidak semena-mena terhadap seseorang yang dianggap sedikit kurang waras. (Riskha Putri Nugrahani_4)

    ReplyDelete
  17. Cerita ini sangat menarik pembaca,penggunaan bahasa yang baik. Dari cerpen di atas terdapat hal yang positif dan bisa dijadikan motifasi. Menurut saya hal yang paling bisa menarik hati adalah ketika seorang laki-laki tua yang dianggap kurang waras yang telah menganggu kenyamanan penumpang lain ikut duduk di kendaraan tersebut tidak diperlakukan kasar oleh siapapun,tapi malah tetap menjaga toleransi. Negara tersebut sangat bisa dijadikan contoh sebagai negara yang bisa menghormati sesama. (Dea styorini_2)

    ReplyDelete
  18. Ahmad Ro'uf_4

    Alur ceritanya mudah di ikuti dan tidak membosankan, dan juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Menurut saya yang membuat ceritanya menarik yaitu mengenai perbedaan budaya dan sikap toleransi di Filiphina. Banyak hal unik di dalam cerita yang membuat saya menjadi lebih antusias membaca cerita. Selain itu cerita di atas juga memiliki amanat tentang menjaga toleransi dan emosi antarsesama manusia.

    ReplyDelete
  19. Choirina Melly Agustin_3

    Cerita pendek tersebut sangat menarik pembaca melalui pemilihan kata yang jelas dan logis sehingga mudah dimengerti oleh pembaca. Dari cerita tersebut dapat disimpulkan bahwa menghormati dan menghargai orang lain perlu kita tanamkan sejak dini dimanapun dan kapanpun kita berada. Tentu saja persepsi atau pendapat orang lain akan suatu hal berbeda - beda, belum tentu sesuatu yang kita anggap benar, dapat dianggap salah oleh orang lain. Nah hal inilah yang harus kita terapkan untuk tidak mengkritik orang lain, terapkanlah sikap menghirmati dan menghargai orang lain.

    ReplyDelete
  20. Siti Mar'atu Solihah_3
    Cerpen diatas menceritakan mengenai penulis yang mendapatkan tugas mengajar di Filipina. Ceritanya sangatlah menarik karena mengandung beberapa pembelajaran yang dapat kita terapkan. Dari kisah perjalanan beliau menuju Uranguyen, saya mendapatkan pembelajaran bahwa tidak semuanya harus dikomentari dengan kata kata. Terkadang kita harus berlaku lembut agar tidak menyinggung perasaan seseorang. Dari cerita diatas terdapat beberapa perbedaan sikap, budaya, dan cara memperlakukan sesama antara masyarakat Filipina dengan lainnya. Dapat ditarik kesimpulan bahwa kita harus belajar toleransi antar sesama dan tidak selalu menyinggung perasaan orang lain lewat kata-kata kasar seperti yang dilakukan oleh masyarakat filipina. Cerita ini memiliki kelebihan tersendiri dengan tampilan menggunakan bahasa keseharian namun tetap memperhatikan kosa kata sehingga ceritanya terlihat menarik.

    ReplyDelete
  21. Nama : karunia adi setiawan
    No : 18
    Kelas: XI MIPA 2
    1.Dalam penggunaan bahasa asing tebal
    masih ada kata yang blm di berikan
    tulisan miring / tebal.
    2.Penggunaan kata yang menunjukan kota
    menggunakan huruf kapital.
    3.paragraph 2 menggunakan konjungsi
    temporal.
    4.paragraph 5 menggunakan konjungsi
    penegas
    5.belajar tidak kenal kata terlambat
    contoh nya ibu Anifa yang mempunyai
    tekad untuk belajar bahasa
    Indonesia, sampai sampai mengujingi
    Indonesia sampai 3 kali.
    6.paragraph ke 4 menggunakan konjungsi analog. Pada kalimat"(ya Allah .... Baunya pengen pindah tapi tempat duduk penuh).

    ReplyDelete
  22. Cerpen ini menceritakan pengalaman Bu Yeyen saat menjadi pengajar BIPA Luar Negeri di Filipina. Cerita ini sangat menarik dan bahasanya mudah dipahami oleh pembaca,didalam cerpen ini juga terdapat beberapa konjungsi,dalam cerita ini mengajarkan kepada pembaca tentang toleransi dan pentingnya menjaga tingkah laku terhadap orang lain. Bagaimana kesan pertama Bu Yeyen ketika ditugaskan menjadi pengajar bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Davao City, Filipina.

    ReplyDelete
  23. pertama kita patut bangga terhadap bahasa indonesia, karena banyak warga negara filiphina maupun negara lain yang tertarik dan ingin belajar bahasa indonesia. kedua, toleransi dan saling menghargai sangat penting bagi sesama sekalipun dia kurang waras tapi harus tetap dihargai. (Salsabila Dian Pramida_4)

    ReplyDelete
  24. Cerpen diatas cukup menarik, membuat pembaca penasaran dan ingin segera menyelesaikan cerita tersebut. Apalagi bercerita tentang pengalaman bu guru di Filipina semakin membuat penasaran.
    Namun ada beberapa kesalahan penulisan kalimat seperti: Jeepney yang tidak ditulis miring (paragraf 3) dsb.

    Dalam cerpen tersebut ada pelajaran yang bisa diambil yaitu toleransi dan emosi yang bisa dijaga antarsesama manusia. Artinya kita harus menghargai orang lain tanpa ada kekerasan dan ucapan kasar. (Noviana_3)

    ReplyDelete
  25. Nadila Hellena Imanda_2

    Cerita pendek tersebut sangatlah menarik, cerita ini mudah dipahami. Kita mendapat hal yang baik dari cerita ini, terutama pada seorang warga filipina yang ingin belajar bahasa Indonesia. Dari hal tersebut kita dapat bangga karena bahasa Indonesia banyak dikagumi oleh warga asing. Kedua pada saat ada seorang lelaki berpenampilan kumal dan mempunyai aroma yang sangat bau, banyak orang disana hanya diam dan tidak memarahinya. Banyak amanat dari pengalaman tersebut.

    ReplyDelete
  26. Narendra Chaesa M.B_2

    Sebuah cerita pengalaman yang menarik.Dari cerita ini kita bisa sedikit mengetahui perbedaan budaya negara kita dengan negara lain.mulai dari kebiasaan masyarakat yang ada di Filiphina,cara mereka berinteraksi dengan orang lain dan sebagainya.Tetapi saya merasa aneh dengan nama toko "Amarah" yang ada di cerpen tersebut

    ReplyDelete
  27. Anggita Septiana_1
    Cerita yang disajikan dikemas menggunakan bahasa yang sederhana dan apik sehingga jalan cerita mudah dipahami oleh pembaca. Mengangkat suatu cerita pengalaman yang menarik dan membuat cerita selalu terkesan baru. Penyampaikan pesan moral pada cerita dengan bahasa dan kalimat sederhana membuat pesannya mudah diterima oleh pembaca. Cerita begitu ringan dan asik sehingga cocok untuk semua kalangan pembaca.

    ReplyDelete
  28. Ika Fitri Wulandari-1
    Cerita pendek sangat menarik.Mengandung nilai-nilai moral yang bisa diambil,contohnya meskipun bersebelahan atau bertemu dengan orang yang kondisinya berpakaian dekil dan aromanya sangat bau tidak memarahinya ataupun melakukan perbuatan kasar.Terakhir saya mau bertanya apakah ada perbedaan antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat Filipina dalam bersosialisasi

    ReplyDelete
  29. Nadila Tri Nastiti_1
    Kisah ini sangat menarik, dan saya mendapatkan banyak hal positif yang bisa ditiru, dimulai dari sikap ibu Yeyen yang dengan senang hati menawarkan kepada ibu Anifa untuk belajar bahasa Indonesia. Cara pembayaran di Jeepney juga unik, dengan pembayaran estafet, terjadi interaksi antar penumpang untuk mengingatkan kepada rasa saling membutuhkan sebagai makhluk sosial. Saya juga tertarik terhadap sikap masyarakat disana, yang mengedepankan toleransi, saling menghargai dan dapat mengendalikan emosi. Mereka tidak bersikap kasar walaupun ada orang yang kurang waras disana, itu menunjukkan mereka memiliki rasa toleransi yang tinggi kepada sesama yang memiliki kekurangan.

    ReplyDelete
  30. Noviana Desi Ramadhani_4
    Cerpen tersebut sangat bagus dan menarik.
    Dan dalam cerpen tersebut kita mendapatkan pembelajaran bahwa kita harus bangga dengan bahasa Indonesia dan kita juga harus menjaga toleransi dimana pun kita berada.

    ReplyDelete
  31. Rifana Annindheta Risnandi_1

    Cerita Pendek ini sangat unik dan manarik. Bahasa yang digunakan juga mudah dipahami dan dimengerti. Terdapat beberapa pesan dari cerita tersebut. Bahwa berbuat toleransi tidak harus melihat dengan siapa. Dari cerita tersebut dapat diambil pada saat memperlakukan orang yang kurang waras tanpa emosi dan tetap berperilaku baik seperti halnya kepada orang orang biasa. Sebab orang tidak waraspun juga tetap mempunyai hak untuk bahagia. Kita sebagai orang yang waras seharusnya memaklumi dan memperlakukan dengan baik karna orang tidak waras membutuhkan perhatian tersendiri. Di dalam cerita tersebut juga terdapat konjugasi temporal dan konjugasi penegas.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Apa makna kata Ecoland ?
    Bahasa yang digunakan mudah dipahami.

    ReplyDelete
  34. Cerita pendek ini terkesan unik dan manarik. Penulis dapat memaparkan secara detail peristiwa yang dialami sehingga saya dapat dengan mudah mengikuti alur cerita. Selain itu, terdapat beberapa nilai positif yang dapat saya tangkap setelah membaca cerita ini. Saya sebagai salah satu warga negara Indonesia merasa senang karena bahasa Indonesia dan pengajar BIPA mendapat respon positif dari warga negara asing. Kepekaan sosial juga jelas tersirat dalam cerita pendek ini. Masyarakat Filipina saling membantu dan bertoleransi dalam menjalankan tindakan-tindakan kecil sekalipun. Mereka tetap menjaga etika saat menghadapi orang yang kurang waras meskipun kehadiranya cukup mengganggu. Namun disamping itu, terdapat beberapa hal yang dapat dibenahi lagi, misalnya, penyebutan nilai nominal rupiah yang kurang tepat dan kata "adak" yang penulisanya belum sesuai kaidah Ejaan yang Disempurnakan. (Septi Nuraini_1)

    ReplyDelete
  35. Endriyansah san piero_1
    Cerita ini memberikan contoh positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan, sebagai makhluk sosial tentu kita membutuhkan orang lain dalam hidup kita. Hal ini ditunjukkan dalam metode pembayaran Jeepney, selain itu perbedaan bukanlah suatu halangan untuk menjadikan kita sebagai manusia yang memiliki rasa toleransi kepada sesama, dan saling menghargai.Bahasa yang digunakan juga sangat komunikatif sehingga pembaca mudah mengambil kesimpulan dari cerita ini.

    ReplyDelete
  36. Cerianya sangat menarik karena benar-benar dialami oleh ibu Yeyen. Penggunaan bahasa dalam cerita tersebut juga mudah dipahami. Uraian tentang cerita tersebut sangat detail. Cerita ini juga mengajarkan bagaimana menghargai orang lain dan bersikap toleransi kepada sesama. Dari cerita tersebut saya berfikir bahwa tidak hanya warga Indonesia yang bisa mempelajari bahasa Indonesia tetapi semua warga dari beberapa negara bisa jika memiliki kemauan.
    (Nunik Rahmawati_3)

    ReplyDelete
  37. Cerianya sangat menarik karena benar-benar dialami oleh ibu Yeyen. Penggunaan bahasa dalam cerita tersebut juga mudah dipahami. Uraian tentang cerita tersebut sangat detail. Cerita ini juga mengajarkan bagaimana menghargai orang lain dan bersikap toleransi kepada sesama. Dari cerita tersebut saya berfikir bahwa tidak hanya warga Indonesia yang bisa mempelajari bahasa Indonesia tetapi semua warga dari beberapa negara bisa jika memiliki kemauan.
    (Nunik Rahmawati_3)

    ReplyDelete
  38. Agus Kurniawan_1
    Judul : Jeepney Ecoland mengantarkan Perjalanan Saya.
    dari Uyanguren menuju KJRI Davao City
    Penulis : Yeyen Purwiyanti, M.Pd.

    Isi : Blog ini menceritakan perjalanan pertama Ibu Yeyen, memakai Jeepney dari Uyanguren menuju KJRI Davao City yang duduk bersama orang tidak waras.

    Kelebihan : Cerita diatas sangat menarik. Bahasa yang digunakan mudah untuk dipahami. Setiap ada bahasa asing pasti dikasih artinya

    Kekurangan : Adanya salah penulisnya "Paing" harusnya "paling"

    Cerita tersebut cocok dibaca, karena cerita tersebut merupakan pengalaman pertama naik Jeepney.

    ReplyDelete
  39. Cerpen ini menceritakan pengalaman Bu Yeyen saat menjadi pengajar BIPA Luar Negeri di Filipina. Cerita ini sangat menarik karena dialami Bu Yeyen sendiri, dijelaskan secara detail dan terperinci,dan bahasanya mudah dipahami oleh pembaca,didalam cerpen ini juga terdapat beberapa konjungsi,dalam cerita ini mengajarkan kepada pembaca tentang toleransi dan pentingnya menjaga tingkah laku terhadap orang lain. Bagaimana kesan pertama Bu Yeyen ketika ditugaskan menjadi pengajar bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Davao City, Filipina? (Candra Dewi Ratih_2)

    ReplyDelete
  40. Cerita pendek ini sangat menarik.Ada beberapa hal yang bisa di ambil di cerita tersebut.pertama warga filiphina yang mau belajar bahasa indonesia dan pemilik toko tersebut membeli barang di indonesia,dengan ini kita harus bangga menjadi warga indonesia.kedua,peristiwa yang terjadi di jeepney yang bertemu orang yang berpakaian berantakan dan bau nya tidak enak,dari itu ada amanat yang dapat di ambil

    ReplyDelete
  41. Cerita pendek tersebut sangat menarik bagi pembaca,karena menggunakan kata yang logis dan jelas sehingga dapat mudah dimengerti oleh pembaca. Cerpen tersebut sangat erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari maka dapat mempermudah pembaca dalam menghayati isi cerpen. Cerpen juga disusun secara efektif sehingga mudah ditangkap atau dipahami oleh pembaca. Terdapat amanat yang dapat diambil seperti toleransi dan saling menghargai. Lalu adakah hal yang lebih mengesankan dari pengalaman Bu Yeyen Purwiyanti selama di Davao City,Filipina? (Siti Kholifah_1)

    ReplyDelete
  42. Vina Silvyyanti_4
    Menurut saya cerita tersebut menarik. Banyak hal-hal positif yang dapat saya ambil dari cerita tersebut. Warga Negara Asing yang belajar bahasa indonesia membuat saya bangga terhadap bahasa kita yaitu bahasa indonesia. Selain itu kita juga harus menghargai antar sesama manusia meskipun orang tersebut memiliki kekurangan.

    ReplyDelete
  43. Cerpen diatas menceritakan tentang perjalanan penulis dihari ke-20 sebagai pengajar di BIPA di Filipina.
    Alur cerita tersebut juga mudah dipahami dan ceritanya tidak membosankan .Dari cerpen tersebut kita juga dapat mengambil pelajaran yaitu bertoleransi terhadap sesama.

    ReplyDelete
  44. Jupika harlinda_2
    Menurut saya ceritanya sangat menarik untuk dibaca dan kita sebagai warga negara kita patut bangga terhadap bahasa kita yaitu bahasa indonesia yang dimana banyak warga negara asing yang ingin memperlajari bahasa indonesia sampai berkunjung ke indonesia dengan sesering mungkin dan yang ke-dua kita harus tetap menghargai orang yang berpenampilan atau bisa disebut orang yang kehilangan akal sehatnya memperlakukan tanpa emosional dan yang saya pertanyakan apa motivasi pemiliki toko untuk mempelajari bahasa indonesia ? Hingga ia datang 3kali setahun keindonesia

    ReplyDelete
  45. Cerita ini cukup menarik, bahasanya mudah untuk dipahami oleh pembaca. Alur ceritanya mudah diikuti dan tidak membosankan.

    Dari cerita tersebut memiliki nilai pembelajaran yang bisa kita pelajari yaitu toleransi dan emosi yang bisa dijaga antar sesama manusia
    (Paramita_4)

    ReplyDelete
  46. Cerita pendek diatas sangat unik dan menarik. Cerpen tersebut dapat memberikan pembelajaran tentang saling tolong menolong antar manusia, bertoleransi, dan menghargai orang lain. (Rezki Cahya_1)

    ReplyDelete
  47. Maulinda rosita dewi_3

    Kisah ini sangat bagus dan menarik untuk dibaca,memiliki kata yang sangat mudah dimengerti oleh semua orang. Singkat cerita ini adalah pengalaman pribadi oleh bu yeyen diFilipina,yang menjalankan perjalanan misi ketoko Amarah untuk menemui ibu Anifa si pemilik toko. Dan perjalanan nauk jeepnet,kasihan sekali bu yeyen harus duduk bersebelahan dengan orang yang berpenampilan berantakan dan bersepatu bau,dan untung saja bu yeyen sabar dan kuat menahan rasa bau kurang lebih 10menit.

    ReplyDelete
  48. Cerpen itu cukup menarik bagi saya. Cerita yang penulisannya sanagat mudah dan logis, sehingga dapat langsung dimengerti oleh pembaca. Dan, terdapat cerita-cerita yang ada di Filipina yang bagus sehingga menarik untuk membacanya. Lalu, dicerita itu juga terdapat pengalaman pribadi penulis yang sangat nyata dan menarik. Dan, dicerita itu terdapat suatu toleransi yang memgungkapkan bahwa menilai seseorang tidak harus dengan kata-kata. Kita harus menghargai perbedaan-perbedaan yang ada di Filipina. (Erina Tri Oktaviana_11)

    ReplyDelete
  49. Candik Ayu Galuh Dwi Safitri_3
    Cerpen tersebut sangat menarik. Dari cerpen tersebut kita dapat belajar bertoleransi terhadap sesama , tidak mudah emosi dan tidak berbuat kasar dengan sesama meskipun orang tersebut memiliki kekurangan.

    ReplyDelete
  50. Menurut saya ceritanya sudah menarik dan bahasanya mudah dipahami untuk pembaca. Dan ada hal positif dalam cerita tersebut. Yaitu seorang warga Filipina yang tertarik dan ingin belajar bahasa Indonesia.
    Dan ada sikap toleransi dan saling menghargai antar sesama manusia (Tazako putri Laila-1)

    ReplyDelete
  51. Cerpen diatas menceritakan tentang perjalanan penulis dihari ke-20 pengajar BIPA di Filipina.
    Alur ceritanya juga mudah dipahami dan tidak memisahkan .Dari cerita tersebut kita juga bisa mengambil pelajaran yaitu bertoleransi terhadap sesama.
    (DEWI SAPNAWATI_11)

    ReplyDelete
  52. Anita nur Septiana_2

    Menurut saya cerita pendek sangat menarik dan bahasa mudah dipahami.cerita tersebut ada hal positif nya,seorang ibu anifa di filipina ingin belajar bahasa indonesia.ketika bu yeyen bertemu seorang laki-laki berbadan kecil, berkumis tipis, dan berjenggot. Pakaiannya dekil dan aromanya sangat bau dan saat satpam mengusir lelaki tersebut secara tidak kasar.hal dapat kita pelajari adalah Menghargai orang lain itu ternyata tidak perlu dari sebuah ucapan saja, namun bagaimana kita bisa menjaga tingkah laku kita terhadap orang lain.

    ReplyDelete
  53. Cerpen diatas menceritakan tentang perjalanan penulis dihari ke-20 pengajar BIPA di Filipina.
    Alur ceritanya juga mudah dipahami dan tidak membosakan .Dari cerita tersebut kita juga bisa mengambil pelajaran yaitu bertoleransi terhadap sesama.
    (DEWI SAPNAWATI_11)

    ReplyDelete
  54. Ayu septiana_2



    Cerita ini menarik Bahasanya mudah dipahami. Alurnya mudah ikuti dan menggunakan kata sederhana,tidak membosankan dan ada beberapa hal yang bisa kita ambil dari cerita tersebut adalah sikap menghargai dan menghormati yang diterapkan oleh warga filipina serta saling menjaga emosi dan toleransi antar sesama manusia.

    ReplyDelete
  55. Menurut saya ceritanya sangat menarik. Penggunaan bahasa sangat mudah dipahami. Dalam cerita tersebut terdapat pembelajaran bahwa menghargai seseorang tidak Hanya perkataan saja namun tingkat laku juga digunakan.( Dina Novitasari_3)

    ReplyDelete
  56. Galuh Widiastuti _2
    Cerpen ini sangat menarik dan mengandung beberapa hal-hal yang positif. Kita sebagai warga Indonesia harus bangga dengan hasil hasil produksi yang dimiliki oleh Indonesia.Ibu Anifa sebagai pemilik toko amarah di Filipina,Ia selalu ke Indonesia 3 kali dalam setahun. Ibu Anifa ke indonesia ingin berbelanja di tanah abang.Tidak hanya itu, namun dia juga tertarik ingin belajar Bahasa Indonesia. Cerpen ini juga mengajarkan untuk saling menghargai sesama. Tidak membeda-bedakan,tidak berbuat kasar, dan ssling bertoleransi.

    ReplyDelete
  57. Yuliana Intan Pangastuti_4

    Judul : Jeepney Ecoland mengantarkan Perjalanan Saya
    dari Uyanguren menuju KJRI Davao City
    Penulis : Yeyen Purwiyanti, M.Pd.

    Cerpen diatas menceritakan tentang perjalanan penulis di hari ke-20 sebagai pengajar BIPA di Filipina.

    Pendahuluan: cerita di atas menceritakan perjalanan pertama Ibu Yeyen, memakai Jeepney dari Uyanguren menuju KJRI Davao City yang duduk bersama orang tidak waras.dan dari cerita itu bisa di ambil hikmahnya yaith toleransi dan emosi yang bisa dijaga antarsesama manusia. Menghargai orang lain itu ternyata tidak perlu dari sebuah ucapan saja, namun bagaimana kita bisa menjaga tingkahlaku kita terhadap orang lain. Walaupun Bapak itu kurang waras tapi orang sekitar hanya menutup hidung karena menahan baunya. Tapi tidak ada yang memarahinya ataupun melakukan perbuatan kasar.
    Kelebihan: cerita itu menarik,bahasanya sederhana dan mudah di pahami,alur ceritanya runtut, sehingga membuat pembaca bisa langsung merasakan jika dalam posisi tersebut.
    Kelemahan: masih ada penulisan kata yang salah yaitu "paing" Seharusnya "paling"
    Buku ini cocok untuk dibaca oleh berbagai kalangan

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. Ceritanya cukup menarik , bahasa yang digunakan serta alurnya pun mudah dipahami. Dan dari cerita tersebut mengandung amanat yang cukup bagus bagi kehidupan jaman sekarang yaitu toleransi , karena di indonesia memang masih sedikit orang yang memiliki sikap toleransi dan dengan adanya cerita tersebut mungkin dapat menjadi inspirasi bagi orang-orang untuk menumbuhkan sikap toleransi.( Risma Amilia_3 )

    ReplyDelete
  60. Cerpen tersebut sangat menarik untuk dibaca. Bahasanya juga mudah dipahami karena menggunakan bahasa sehari-hari. Cerpen tersebut mengajarkan kita apa itu toleransi terhadap sesama. Menghargai seseorang tidak hanya dari ucapan tetapi juga dari tindakan yang kita lakukan. Namun pada paragraf ke-3 terdapat penulisan kata yang salah.
    (Saputri Ayu Wulandari_4)

    ReplyDelete
  61. (Saras Lestari-3)
    Ceritanya sangat menarik,bahasanya mudah
    dipahami.banyak pelajaran yang dapat diambil dari cerita ini yaitu sikap toleransi dan saling menghargai sesama manusia dan semangat Ibu Anifa untuk belajar bahasa Indonesia dapat dijadikan pelajaran.

    ReplyDelete
  62. Dari cerpen tersebut,pengalaman merupakan suatu pelajaran terbaik yang pernah ada. Pengalaman yang kita alami belum tentu dialami orang lain juga. Seperti cerpen ini bahasa yang di gunakan mudah dipahami, dari cerpen itu pula kita menyadari bahwa di Filipina memiliki sikap toleransi yang bagus, bagaimana menjaga sikap antarsesama dengan baik. Hal itu wajib kita contoh dan terapkan dalam diri kita. (Abelliya Putri_4)

    ReplyDelete
  63. Ceritanya bagus , bahasanya mudah dipahami dan alur ceritanya juga teratur dan tidak membingungkan si pembaca. Dari cerita tersebut penulis dapat menyampaikan amanat dengan bagus dan membuat pembaca dapat mencerna dengan mudah , dan dari cerita tersebut dapat dijadikan pedoman bagi orang-orang untuk lebih menumbuhkan sikap toleransi dan tidak mudah emosi terhadap orang lain. ( Rahayu Setia L _1 )

    ReplyDelete
  64. Cerita di dalam cerpen mudah di pahami,perbedaan budaya dan bahasa tidak menghalangi kita dalam bekerja/berkarir,banyak masyarakat luar yang lebih mencintai dan ingin menguasai bahasa indonesia seperti halnya pada cerita bu anifa yang membuat kita sadar akan pentingnya mencintai dan melindungi budaya dan bahasa lokal di indonesia.Kita harus menanamkan sikap toleransi,menghargai sesama,dan jangan melakukan tidak kekerasan seperti di dalam cerita yang tidak mengusir orang tersebut dengan amarah dan tidak melakukan tidak kekerasan pada lelaki tersebut.(Fitri Rahayu_12)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Fitri Rahayu
      No. : 12
      Kelas: XI MIPA4

      Delete
  65. Menurut saya cerita diatas sangat menarik dan menggunakan bahasa yang sangat mudah dipahami oleh pembaca.cerpen diatas memiliki hal-hal yang menarik seperti warga Filipina yang sangat ingin belajar menggunakan bahasa Indonesia dan warga Filipina memiliki sifat yang sopan dan ramah kepada warga asing yang datang ke negaranya saling memiliki toleransi sesama manusia.

    ReplyDelete
  66. Cerita tersebut cukup menarik untuk dibaca. Cerita yang dikemas dengan bahasa yang apik dan mudah dipahami seolah olah membuat pembaca dapat terbawa dalam suasana cerita tersebut. Cerita tersebut juga mengajarkan kita betapa pentingnya menghargai orang lain tanpa sedikitpun mencela atau menyakiti hatinya. Sayangnya dalam cerita tersebut masih ditemukan kesalahan penulisan pada paragraf ketiga. (AnisLR_03)

    ReplyDelete
  67. Sri Lestari_3
    Menurut saya ceritanya cukup menarik. Kita dapat mengambil pembelajaran dari cerpen tersebut, karna hal tersebut terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Mengajarkan kita untuk saling menghormati dan menghargai antar sesama. Bertoleransi terhadap sesama meski orang tersebut memiliki kekurangan dan harus menjaga emosi, tidak boleh berkata kasar terhadap orang lain.

    ReplyDelete
  68. Shafa Kamila Choirunnisya_4

    Cerita ini sangat menarik bagi pembaca dan bahasa yang digunakan mudah dipahami. Banyak hal yang dapat saya ambil dari cerita tersebut. Pertama Ibu anifa yang tertarik untuk belajar bahasa Indonesia. Kedua warga Filipina yang mengedepankan toleransi, saling menghormati dan dapat mengatasi masalah tanpa emosi dan tidak melakukan kekerasan fisik.

    ReplyDelete
  69. Cerpen diatas menceritakan tentang perjalanan penulis di hari ke-20 sebagai pengajar BIPA di Filipina.
    Cerita ini memiliki berbagai manfaat yang bisa kita ambil seperti,kita harus memiliki rasa toleransi sesama manusia walaupun kita tidak mengenalnya.kita harus bangga terhadap bahasa kita yaitu Bahasa Indonesia,karena diluar sana banyak orang yang ingin menguasai bahasa kita.Dan cerpen tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti.Dan sebagai negara yang memiliki banyak budaya kita harus bangga terhadap negara ini.(Gina Aprilia Sekartaji_

    ReplyDelete
  70. setelah saya membaca cerita tersebut menurut saya bahasa yang digunakan mudah dipahami alurnya bisa diikuti dan tidak mebosankan, dan yang membuat menarik adalah mengenai perbedaan budaya dan sikap toleransi di Philipina dan masih banyak hal lain yang membuat saya tertarik membaca nya

    ReplyDelete
  71. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  72. cerita ini disajikan dengan bahasa yang cukup komunikatif untuk pembaca.
    cerpen diatas juga menceritakan tentang pengalaman penulis yang belum tentu dirasakan oleh orang lain sehingga orang lain juga dapat mengetahui apa saja pesan dalam cerita itu.
    dalam cerita tersebut juga ada orang asing yang memiliki untuk mempelajari bahasa indonesia sehingga timbul rasa bangga terhadap bangsa indonesia.
    pada cerita tersebut juga dapat diambil makna bahwa kendaraan umum di negara lain memiliki budaya atau kebiasaan yang berbeda dengan di indonesia.
    dari cerita tersebut kita juga dapat tahu apa arti penerapan toleransi antar sesama manusia pada lingkungan sehari hari

    (TegarWisnuNoviyanto_4)

    ReplyDelete
  73. Miranti_2


    Menurut saya cerita tersebut sangatlah menarik.karena didalam cerita tersebut banyak terkandung nilai-nilai positif yang bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari cerita tersebut yaitu sikap toleransi dan semangat Ibu Anifa yang ingin belajar Bahasa Indonesia hingga pandai.

    ReplyDelete
  74. Nova Alviana_Xl MIPA 1 (19)

    Cerpen ini menceritakan pengalaman Bu Yeyen saat menjadi pengajar BIPA Luar Negeri di Filipina. Cerita ini sangat menarik dan bahasanya mudah dipahami oleh pembaca,alurnya bisa diikuti dan tidak membosankan.Pada cerita tersebut bisa diambil makna bahwa kita menyadari bahwa di Filipina memiliki sikap toleransi yang bagus, bagaimana menjaga sikap antarsesama dengan baik. Hal itu wajib kita contoh dan terapkan dalam diri kita

    ReplyDelete
  75. Miranti_2


    Perjalanan ke luar negri merupakan kisah unik bagi para perantau disegala bidang.hal ini disebabkan karena banyak perbedaan budaya yang meliputi aspek bahasa dan kebiasaan masyarakat disuatu negara.Misi perantau tersebut begitu luar biasa,yaitu mengajak ibu anifa untuk kursus bahasa indonesia,akhirnya ibu anifa tertarik belajar bahasa indonesia dan akan memulai pembelajarannya setelah idul fitri.

    ReplyDelete
  76. NoviyantoAdiWibowo_3

    Menurut saya, cerita tersebut sangat menarik dan mudah dipahami. Dari cerita tersebut dapat kita ambil pembelajaran mengenai sikap toleransi,sikap tersebut perlu kita terapkan di kehidupan sehari-hari bahkan di negara yang demokrasi ini. Dan di cerita tersebut, Ibu Yeyen berusaha menyebarkan Bahasa Indonesia melalui pendekatan komunikasi yang dilakukannya. Menurut saya sangat bagus dan semoga sukses selalu.

    ReplyDelete
  77. Cerita ini sungguh menarik dan tidak membosankan bagi pembaca alur di dalamnyapun jelas dan mudah di mengerti.Di dalam cerita ini mengajarkan kita untuk menahan emosiinal terhadap orang yang tidak jelas dan mengajarkan kita agar tetap bersabar dan toleran terhadap sesama orang.(Uni Ririn R_4)

    ReplyDelete
  78. dari cerpen di atas merupakan sebuah kisah yang sangat unik, dan dari cerita tersebut kita dapat mengambil pelajarannya yaitu bertoleransi terhadap sesama manusia walaupun orang tersebut memiliki kekurangan. menghidari berbuatan kasar. (Mardiana_4)

    ReplyDelete
  79. Cerita tersebut sangat menarik bagi para generasi muda . Untuk meniru sikap positif yang di lakukan ibu toko amarah dan ibu yeyen. Sikap ibu amarah yang tetep ramah kepada pelanggan dan contohnya kepada ibu Yeyen yang tetep bersikap lembut. Dan keinginan Bu Yeyen yang ingin berfoto bersama ibu toko amarah dan memperlakukannya bu yeyen dengan sopan dan menerima ajakan untuk berfoto . Ibu toko amarah sangat tertarik dengan bahasa kita yaitu bahasa Indonesia . Dan keinginan ibu toko amarah yang ingin belajar bahasa Indonesia terhadap ibu Yeyen setelah lebaran. Di waktu perjalanan Bu Yeyen berduduk di samping orang yang berbau badan dan orang yang tampak aneh. Sikap Bu yeyen yang tetep menghargai orang tanpa harus menegur orang tersebut. Karena mengajari orang sangat penting dan tanpa harus menegur.

    ReplyDelete
  80. Diana lutfi_2


    Menurut saya cerita pendek tersebut menarik dan unik bagi pembaca. Bahasa yang digunakan mudah dimengerti oleh pembaca. Cerita pendek tersebut murni dari pengalaman ibu Yeyen sendiri, ketika di tugaskan menjadi pengajar BIPA di Filipina. Dari cerita diatas dapat diambil nilai positifnya yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pertama, sikap toleransi dan emosi yang bisa dijaga antar sesama manusia. Kedua, menghargai orang lain itu tidak perlu dari sebuah ucapan saja, namun bagaimana kita bisa menjaga tingkah laku kita terhadap orang lain, walaupun orang lain itu memiliki kekurangan.

    ReplyDelete
  81. Menurut saya cerita di atas sangat menarik untuk dibaca selain bahasa yang digunakan mudah dipahami . Selain itu kosa kata yang digunakan dalam cerpen tersebut sering dijumpai dalam kehidupan sehari - hari dalam lingkungan sekitar kita , ceritanya menarik juga sederhana. dan juga, cerpen di atas sangatlah mudah dimengerti bagi saya karena hal yang diceritakan dalam cerpen tersebut merupakan kegiatan atau aktivitas yang sederhana dalam kehidupan sehari - hari. Walaupun sederhana tetapi cerpen di atas memiliki inti yang luar biasa,kita harus menjaga emosi dan toleransi antarsesama manusia.

    ReplyDelete
  82. AyuPuspitaWulandari_3
    Menurut saya, dari cerita diatas kisahnya sangat unik dan menarik. Bahasa yang digunakan mudah dipahami, jelas dan tidak berbelit-belit.dari Kisah diatas dapat memberikan teladan yang baik bagi kita bahwa kita sehendaknya menghargai orang lain dengan segala keadaan yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  83. Arif Hidayat_2
    Cerita cerpen tersebut cukup menarik. Cerita tersebut mengajarkan kita untuk saling menghargai perbedaan budaya asing salah satunya cara pembicaraan dan bahasa. Selain itu cerpen tersebut bisa memotivasi si pembaca agar bisa ke negara Filiphina dan merasakan apa yang dirasakan oleh sipenulis. Persoalan yang saya ingin tanyakan dari ceroen tersebut adalah apakan alasan Bu Anifa belajar bahasa indonesia pakah karena Bu Anifa sering pergi ke pasara Tanah Abang? Dan apakah ada alasan lain?

    ReplyDelete
  84. Arif Hidayat_2
    Cerita cerpen tersebut cukup menarik. Cerita tersebut mengajarkan kita untuk saling menghargai perbedaan budaya asing salah satunya cara pembicaraan dan bahasa. Selain itu cerpen tersebut bisa memotivasi si pembaca agar bisa ke negara Filiphina dan merasakan apa yang dirasakan oleh sipenulis. Persoalan yang saya ingin tanyakan dari ceroen tersebut adalah apakan alasan Bu Anifa belajar bahasa indonesia pakah karena Bu Anifa sering pergi ke pasara Tanah Abang? Dan apakah ada alasan lain?

    ReplyDelete
  85. Anisa Nurima_1
    Cerpen ini menceritakan tentang pengalaman Ibu Yeyen saat menjadi pengajar bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Davao City, Filipina. Pembaca dapat menemukan hal-hal positif dari cerpen ini. Salah satunya yaitu tata krama dan etika tidak hanya diucapkan, namun juga perlu ditunjukan dalam suatu tindakan.

    ReplyDelete
  86. Dari cerita pengalaman tersebut sangatlah menarik untuk dibaca,karena bahasanya mudah dipahami dan menggunakan bahasa sehari-hari,membuat pesan moral dan inti pada cerita tersebut mudah dipahami dan diterima oleh pembaca.Dalam cerpen tersebut kita mendapatkan pembelajaran bahwa kita harus bangga dengan bahasa Indonesia.contoh positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan,hal ini ditunjukan dalam metode pembayaran jeepnes.Selain itu juga perbedaan bukanlah suatu halangan untuk kita sebagai manusia yang memiliki rasa toleransi kepada sesama.
    Kekurangan:Pada paragraf ketiga terdapat penulisan kata yang salah.
    (Lorenanda_2)

    ReplyDelete
  87. Syafa Azzahra_2


    Cerita pendek ini terkesan unik dan menarik.Penulis dapat menggambarkan secara detail peristiwa yang dialami,sehingga pembaca dapat dengan mudah mengikuti alur cerita.Menggunakan Kata-kata lugas dan bahasa yang mudah dipahami.Selain itu cerpen ini juga memberikan pembelajaran yang erat sekali hubungannya dengan kehidupan sehari-hari,sehingga pembaca akan lebih mudah menghayati isi cerita yaitu,mengenai toleransi dan emosi yang disampaikan melalui pak satpam dan orang sekitar.Masyarakat Filipina saling membantu dan bertoleransi dalam menjalankan kegiatan kecil sekalipun.Mereka tetap menjaga etika ketika menghadapi orang yang kurang waras, meskipun kehadirannya cukup mengganggu.Namun disamping itu,terdapat beberapa hal yang kurang tepat dan tidak sesuai kaidah ejaan contohnya pada kutipan kaliamaat"penumpang yang paing dekat dengan supir"seharusnya bukan "paing" tapi "paling",dan penyebutan nilai nominal rupiah yang kurang tepat,serta kata "adak".

    ReplyDelete
  88. Sukma Rahma p_2

    Cerita pendek tersebut sangat menarik bagi pembaca,karena penulis menggunakan kata-kata yang logis dan jelas sehingga mudah dimengerti oleh pembaca.Cerpen tersebut memiliki keunikan sehingga pembaca tidak bosan membacanya.Perbedaan budaya dan sikap toleransi dalam cerpen tersebut dapat menambah pengalaman bagi pembaca,khususnya pembaca dari negara Indonesia mengingat Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai macam budaya.Cerpen tersebut juga mengajarkan pembaca untuk lebih mencintai bahasa sendiri karena banyak orang diluaran sana yang iri dengan bahasa dan budaya kita.

    ReplyDelete
  89. Cerita pengalaman diatas sangat menarik dan mudah dipahami ,bisa dijadikan contoh untuk kalangan remaja jaman sekarang karena menunjukkan inspirasi bahwa sesama manusia negara Indonesia maupun negara asing tidak membeda-bedakan.Membantu sesama manusia jika ada yang merasa dibutuhkan,memberikan ilmu walaupun sedikit untuk membantu orang lain tanpa meminta imbal.Dan menghargai perbedaan jika seseorang mempunyai kelainan tidak menghina dan tidak mengejek .Bertingkah laku sama tanpa harus berperilaku kasar terhadap orang-orang yang tidak waras atau berkelainan.(Detta Tirta_4)

    ReplyDelete
  90. Cerita tersebut menarik dan mudah dipahami sehingga pembaca bisa mengerti dan melihat gambaran kejadian secara jelas, dari cerita tersebut juga terdapat nilai sosial yaitu adanya toleransi tanpa membedakan sesama manusia. Dan dari cerita tersebut haruslah kita bangga dan lebih mencintai bangsa ini karena bangsa luar saja ingin belajar bahasa kita,itu harusnya membuat kita lebih mencintai bangsa ini. (gita lestari_1)

    ReplyDelete
  91. Cerita itu sangat menarik dan mudah dipahami sehingga pembaca bisa mengerti dan melihat gambaran kejadian secara jelas

    ReplyDelete
  92. Cerita ini cukup menarik alurnya lumayan mudah dipahami dan kata katanya juga sangat mudah diterima dan ceritanyapun juga jelas

    ReplyDelete
  93. Menurut saya cerita ini cukup menarik, alurnya juga lumayan mudah dipahami, kata katanya juga mudah di terima dan ceritanya juga jelas. (Arizal Adi_1)

    ReplyDelete
  94. Annisa Fathin Afifah_3
    Dengan adanya kisah bu guru ini, membuat saya tambah bangga kepada negara saya(Indonesia). Waktu saya di Jogja, ada banyak turis luar negeri namun bisanya bahasa jawa, tidak bisa bahasa Indonesia. Dengan adanya cerita ini, saya sangat senang dan berterimakasih kepada bu guru.

    ReplyDelete
  95. (Guslindawati Amalia_8)

    Cerita tersebut mudah dipahami dan dapat menjadi acuan bangsa indonesia untuk lebih mencintai bahasa indonesia dan dapat memperkenalkannya kepada seluruh dunia agar bahasa kita dikenal dan dapat menarik minat warga asing untuk mempelajarinya hal menarik lain dari cerita tersebut kita dapat mencontoh sikap yang dilakukan para penumpang jeepney dengan mengedepankan toleransi terhadap sesama yaitu pada saat ada seseorang dengan pakaian dekil dan bau badan yang menyengat mereka hanya menutup hidung tanpa marah-marah hal tersebut dapat kita terapkan dikehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
  96. Cerita pendek tersebut sangatlah menarik.dimana cerita tersebut berasal dari pengalaman nyata bu Yeyen saat menjadi guru BIPA di Filipina.Karena selain bisa menambah pengetahuan tentang daerah di Filipina,kita sebagai pembaca juga lebih tau tentang angkutan umum dan biaya yang harus kita keluarkan untuk menaiki angkutan tersebut.Cerpen ini juga membuka pikiran kita,bahwa ternyata di Filipina masyarakatnya memiliki toleransi dan etika yang sangat mengagumkan.Dari sini kita juga lebih tau bahwa ternyata bahasa indonesia telah mendunia,karena banyak orang asing yang ingin mempelajarinya.Terima kasih bu Yeyen karena telah membuat cerpen ini.

    ReplyDelete
  97. Cerita pendek tersebut sangatlah menarik.dimana cerita tersebut berasal dari pengalaman nyata bu Yeyen saat menjadi guru BIPA di Filipina.Karena selain bisa menambah pengetahuan tentang daerah di Filipina,kita sebagai pembaca juga lebih tau tentang angkutan umum dan biaya yang harus kita keluarkan untuk menaiki angkutan tersebut.Cerpen ini juga membuka pikiran kita,bahwa ternyata di Filipina masyarakatnya memiliki toleransi dan etika yang sangat mengagumkan.Dari sini kita juga lebih tau bahwa ternyata bahasa indonesia telah mendunia,karena banyak orang asing yang ingin mempelajarinya.Terima kasih bu Yeyen karena telah membuat cerpen ini.

    ReplyDelete
  98. Cerita pendek tersebut sangatlah menarik.dimana cerita tersebut berasal dari pengalaman nyata bu Yeyen saat menjadi guru BIPA di Filipina.Karena selain bisa menambah pengetahuan tentang daerah di Filipina,kita sebagai pembaca juga lebih tau tentang angkutan umum dan biaya yang harus kita keluarkan untuk menaiki angkutan tersebut.Cerpen ini juga membuka pikiran kita,bahwa ternyata di Filipina masyarakatnya memiliki toleransi dan etika yang sangat mengagumkan.Dari sini kita juga lebih tau bahwa ternyata bahasa indonesia telah mendunia,karena banyak orang asing yang ingin mempelajarinya.Terima kasih bu Yeyen karena telah membuat cerpen ini.(Ekawatiningtyas_01)

    ReplyDelete
  99. Cerita pendek tentang pengalaman Bu Yeyen sebagai pengajar bahasa Indonesia di Filipina sangat menarik, dan cerita tersebut dapat menambah wawasan bagaimana kehidupan di Filipina dan gambaran kehidupan disana, dan cerita ini lebih menarik lagi karena berdasarkan pengalaman pribadi dari Bu Yeyen sendiri, dan juga dari cerita ini ternyata bahasa Indonesia banyak dikenal di wilayah Asia dan bahkan dunia dan mungkin akan ada banyak orang yang ingin mempelajari bahasa Indonesia. (Naysha Dian Pratiwi_X5)

    ReplyDelete
  100. Cerpen yang berjudul ‘Jeepney Ecoland mengantarkan Perjalanan Saya dari Uyanguren menuju KJRI Davao City’ ini bercerita mengenai perjalanan mengajar di Filipina yang bersosialisasi dengan banyak orang dan mempunyai misi bertemu dengan orang yang ingin belajar bahasa Indonesia yaitu bernama Ibu Anifa si pemilik toko pakaian muslim di daerah Uyanguren, Davao City, Filipina.
    Cerpen ini memiliki kelebihan pada gaya bahasanya yang terkenal santai dan enak dibaca, sehingga mudah dimengerti oleh berbagai kalangan.
    Dengan alurnya, cerpen ini mampu menyeret pembaca hanyut dalam cerita melalui percakapan yang terkesan natural dan apa adanya.
    Vanessa Rayhana Nugroho_X8

    ReplyDelete
  101. Menurut saya cerpen yang ditulis oleh Bu Yeyen sangat bagus, bahasa dan alur cerita yang digunakan juga mudah dipahami oleh para pembaca sehingga membuat cerpen nya menarik untuk dibaca.

    Pesan moral yang dapat saya ambil dari cerpen Bu Yeyen saat menjadi guru Bipa di Filipina yaitu kita harus menghormati dan menghargai sesama manusia walaupun kita tidak mengenalnya serta selalu mengedepankan sikap sopan santun dimana pun kita berada. Dari cerpen diatas saya juga tahu bahwa bahasa Indonesia sudah sangat terkenal.

    Cerpennya sudah bagus tetapi sebaiknya dilengkapi dengan kutipan percakapan agar tampak lebih menarik lagi.

    ReplyDelete
  102. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  103. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  104. cerita ini sangat menarik bagi saya dan penggunaan bahasanya yang baik.dari cerpen diatas terdapat beberapa hal positif dan bisa dijadikan motivasi.dari cerita diatas ,kita dapat mengambil pelajaran bahwa kita harus saling menghormati serta menghargai sesama manusia walaupun tidak saling mengenal.serta kita harus senantiasa menjaga sopan santun dan tingkah lagu dimana pun kita berada.Dan dari hal tersebut kita dapat bangga karena bahasa Indonesia banyak dikagumi oleh warga asing.(Dyah Ayu_X7)

    ReplyDelete
  105. cerita ini sangat menarik karena adanya orang filipina yang ingin mempelajari bahasa indonesia saja sudah merupakan hal tersendiri yg menarik,berarti orang filipina rasa ingin tahunya tinggi.(Rahma Dwi Ariyani X7)

    ReplyDelete
  106. Cerpen berjudul Jeepney Ecoland sangat bagus dan mudah dipahami oleh para pembaca. Selain itu kata-kata yang digunakan mudah untuk dipahami dan cerpen tersebut dapat memberikan pembelajaran kepada kita tentang toleransi, menjaga emosi antar sesama, dan pembelajaran tentang tingkah laku terhadap orang lain. (Indri Ika Lestari X8).

    ReplyDelete
  107. Cerpen ini sangat menarik,kesan pertama yang dapat saya ambil dari cerita ini adalah ada seorang warga Filipina yang sangat ingin belajar bahasa Indonesia,dan kita pun sebagai warga negara Indonesia harus menyadari bahwa Indonesia adalah negara yang banyak disukai oleh negara luar sehingga kita harus bangga karena kita lahir di Indonesia.kesan kedua yang dapat saya ambil adalah ada seseorang pria yang berkumis serta berpakaian agak dekil dan bau ketika sedang di tempat umum, tetapi masyarakat sekitar nya pun masih memiliki rasa peduli, sehingga mereka mengusirnya dengan cara halus,agar orang nya tidak tersinggung dengan apa yang diucapkan nya.Dan itu sangat mencerminkan sikap saling menghargai dan menghormati sesama manusia.(Mar'atus Sholikhah X5)

    ReplyDelete
  108. Pesan yang saya dapat dari cerpen ini adalah saling toleransi dan menghormati satu sama lain walaupun tidak saling mengenal dan juga kita harus bangga jadi warga Indonesia karena banyak orang yang ingin mempelajari budaya Indonesia atau bahasa Indonesia dan berbuat lah yang sopan dimanapun anda berada dan tidak membuat orang diwilayah tersebut terganggu Dengan adanya kita.(FERY RAHMADANI X-8)

    ReplyDelete
  109. Menurut saya cerita ini sangat menarik dan dari cerita ini pesan moral yang dapat saya ambil adalah jangan menegur orang yang tidak dikenal. Sebab mungkin saja orang itu memiliki temperamen yang labil. Jika kepedulian kita sangat tinggi terhadap dirinya maka perlu memikirkan secara matang cara yang terbaik untuk menegurnya, misalnya dengan menjaga sikap dan emosi yang bisa dijaga antarsesama manusia. (Evarianti Nita Cahyani X-6)

    ReplyDelete
  110. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  111. Pesan moral yang saya dapatkan dari cerpen Bu Yeyen adalah kita harus saling menghargai dan menghormati antar sesama manusia dimanapun kita berada , kita harus menahan diri untuk tidak mengejek atau memarahi orang yang belum kita kenal, sebab setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan kita harus bangga menjadi bagian dari warga negara Indonesia karena banyakk negara asing yang ingin mempelajari Bahasa Indonesia
    DWI SUCI ARDIYANTI (X-9)

    ReplyDelete
  112. Ceritanya bagus,alurnya jelas dan mudah dipahami,cerita diatas memberikan saya motivasi untuk lebih menghargai orang lain termasuk orang gilaa,selalu bersikap baik kepada siapapun,serta menghindari kekerasan.(Indah Sri Lestari/13/X-6)

    ReplyDelete
  113. Cerpen dari Bu Yeyen sangat bagus,bahasa dan kosakatanya sangat mudah dipahami,dan juga alurnya sangat sederhana.

    Pesan moral yang saya dapat dari cerpen tersebut adalah untuk bisa menjaga sikap dan lebih menghargai orang lain meskipun tidak kenal. Dan dari cerpen yang dibuat oleh Bu Yeyen,membantu saya untuk termotivasi dalam belajar agar bisa menggapai keinginan saya untuk belajar dengan giat. (Keysa Putri Anggraini /15/X-6)

    ReplyDelete
  114. Sebuah cerpen yang bagus, menarik, dan sederhana, kata-kata nya juga mudah di pahami.
    Kisah langsung yang dialami oleh Bu Yeyen ketika menjadi pengajar BIPA di Filipina, tdk semua orang beruntung untuk mengajar bahasa Indonesia di sana. Seharusnya kita bangga bahasa kita bisa dikenali oleh orang luar sehingga mereka tertarik untuk belajar bahasa Indonesia. Ada hal positif juga yang dapat kita ambil, kita harus bisa menghargai, menghormati, menjaga sikap dimana pun dan kepada siapa pun, entah itu dengan orang waras atau bukan karena orang yang tampang nya jelek belum tentu hatinya ikut jelek. Toleransi penting bagi kita semua! (Riska Maulidiah/31/X6)

    ReplyDelete
  115. Menurut saya cerpen diatas sangat menarik, ada beberapa manfaat yang dapat saya ambil dari cerpen tersebut. Manfaat dari cerita tersebut yang pertama yaitu Memperluas pengetahuan dan pengalaman. Mempelajari budaya negara lain yang berarti menambah pengetahuan serta pengalaman kita mengenai bahasa, kebiasaan dan budaya negara lain yang pastinya sangat berbeda dengan negara kita bahkan daerah kita. Hal ini dapat memperluas wawasan kita dalam bermasyarakat dan bagaimana melestarikan budaya yang kita miliki.
    Kedua Menumbuhkan rasa saling menghargai. Mempelajari budaya internasional dapat menjadi ajang bagi kita untuk saling memahami orang lain saat melakukan komunikasi dengan mereka dan menghargai perbedaan yang ada. Sehingga kita dapat menghindari konflik akibat perbedaan budaya, ras, agama, ataupun bahasa.
    Dan yang terakhir Mengurangi rasa syok. Mengenal budaya internasional dapat mengurangi rasa syok saat berpergian atau pindah ke suatu daerah atau negara tertentu. Ini terjadi karena kita telah mengenal kebiasaan orang-orang dan budaya di negara yang kita tuju.

    ReplyDelete
  116. cerpen itu sangat menarik bagi pembaca dan mengajarkan kita untuk berbuat baik sesama manusia dan menjaga tingkah laku dimanapun kita berada.

    ReplyDelete
  117. Menurut saya, pesan moral yang didapat dari cerita anda, membuat kita lebih mengerti dengan yang namanya toleransi, dan dapat membuat saya lebih sadar dengan toleransi terhadap orang-orang yang ada di sekitar saya. ( Riska Wulan Suci Ramadhani X8 )

    ReplyDelete
  118. Cerita ini sangat menarik sekali dan sangat menginspirasi pembaca ,ternyata bahasa Indonesia sangat di minati sekali di berbagai negara.contohnya yaitu Bu Hanifah yang memiliki ketertarikan dengan bahasa Indonesia
    .Dan pesan moral yang bisa saya ambil dari cerita ini adalah sikap saling menolong antar penumpang yaitu pembayaran dengan dilakukan secara estafet antar penumpang dan diberikan antar penumpang kepada penumpang yang paling dekat dengan sopir , dan sikap toleransi, saling menghargai antar penumpang yang tidak hanya dengan ucapan namun dengan tingkah laku antar penumpang walaupun penumpang memiliki ganguan jiwa (Hefa Adzril Gunantara_X7)

    ReplyDelete
  119. Menurut saya cerita ini cukup menarik, penulis menceritakan kisah tersebut dengan santai, dan dapat membuat pembaca bisa memahami isi dari cerita tersebut, dan bahkan yang lebih baik dari cerita tersebut kita bisa lebih mengerti tentang arti toleransi. ( Riska Wulan Suci Ramadhani X8 )

    ReplyDelete
  120. Cerpen ini sangat menarik dan bahasanya menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami oleh para pembaca. Pesan moral yang saya dapatkan dari cerpen tersebut adalah kita harus saling menghargai dan menghormati antar sesama manusia dimana pun dan kapan pun. (Eka Auliya Silviana X5).

    ReplyDelete
  121. Ceritanya bagus dimana kita memahaminya dengan seoalah" kita merasakannya dan pemahamannya yang jelas, ditambah dengan cara menjaga sikap dengan orang asing yang sangat baik untuk ditiru dimana pun kita berada(maratus sholikhah X8)

    ReplyDelete
  122. Cerpen ini sangat menarik dan bahasanya menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami oleh para pembaca. Pesan moral yang saya dapatkan dari cerpen tersebut adalah kita harus saling menghargai dan menghormati antar sesama manusia dimana pun dan kapan pun berada dan saling menghargai antar penumpang yang tidak hanya dengan ucapan namun dengan tingkah laku antar oenumpanh walaupun memiliki gangguan jiwa

    ReplyDelete
  123. Menurut saya, penulis dapat menceritakan ceritanya dengan alur yang mudah dimengerti, penggunaan bahasa yang mudah dipahami dan terkandung pesan moral didalam ceritanya, seperti beretika dengan baik yang tidak hanya dapat dilakukan dengan lisan tetapi juga dengan perbuatan. (Riana Windiyasari X7)

    ReplyDelete
  124. Kesimpulan yang dapat di ambil yaitu kita jangan berprasangka buruk kepada orang yang belum kita kenal karena belum tentu mereka jahat
    Dan kita bisa belajar dari orang asing yang bisa menjaga toleransi dan menghargai orang lain dengan menjaga tingkahlaku kita terhadap orang lain.(Laila Dewi D./X6/16)

    ReplyDelete
  125. Menurut saya untuk kritik saran kedua saya ambil kesimpulan etika sikap yang sopan dengan antar penumpang walaupun penumpang itu tidak waras ibu yeyen sangat baik dalam bertoleransi,saya mengganggap juga karena dekat dengan ogdj diluar negri sangat membahayakan karena dia bisa melakukan hal yang tidak",oleh karena itu harus lebih waspada,tetapi maksud bu yeyen menjauhi ogdj tersebut dia melindungi dirinya sendiri.
    (Maratus sholikhahX_8)

    ReplyDelete
  126. Menurut saya cerita ini cukup menarik. Penggunaan kata yang digunakan penulis mudah dipahami dan tidak bertele-tele, sehingga pembaca tidak mudah bosan saat membaca. Kesimpulan yang saya dapat yaitu dimanapun kita berada, kita harus tetap menerapkan sikap memanusiakan manusia dan jangan berpikiran negatif atas apa yang dilakukan seseorang, karna kita hanya orang asing yang belum tau apa yang sebenarnya terjadi. (Avrilita rufis setya ningrum_X5)

    ReplyDelete
  127. Cerita pendek itu menarik karena benar benar dialami oleh Bu Yeyen Ada beberapa hal positif yang bisa diambil dari cerita tersebut, pertama mulai dari warga negara Filipina yang ingin belajar bahasa Indonesia,itu tentunya bentuk warga asing yang menyukai dan tertarik dengan bahasakita yaitu bahasa Indonesia, dengan ini saya sadar bahwa kita harus bangga terhadap bangsa Indonesia dan lebih menghargai bahasa Indonesia.Kedua cerita tersebut mengandung nilai positif yang dapat diterapkan didalam kehidupan, sebagai makhluk sosial tentunya kita membutuhkan orang lain dalam hidup kita.Hal ini ditunjukkan dalam metode pembayaran Jeepney,selain perbedaan bukanlah suatu halangan untuk menjadikan kita sebagai manusia yang memiliki rasa toleransi kepada sesama dan saling menghargai.
    Manfaat dari cerita tersebut yang pertama yaitu Memperluas pengetahuan dan pengalaman. Mempelajari budaya negara lain yang berarti menambah pengetahuan serta pengalaman kita mengenai bahasa, kebiasaan dan budaya negara lain yang pastinya sangat berbeda dengan negara kita bahkan daerah kita. Hal ini dapat memperluas wawasan kita dalam bermasyarakat dan bagaimana melestarikan budaya yang kita miliki.
    Kedua Menumbuhkan rasa saling menghargai. Mempelajari budaya internasional dapat menjadi ajang bagi kita untuk saling memahami orang lain saat melakukan komunikasi dengan mereka dan menghargai perbedaan yang ada.[Mellyana Ayu Ananda Rista/X5/18]

    ReplyDelete
  128. Dari kisah Bu Yeyen banyak hal unik yang didapatkan seperti saat membayar jeepney dengan cara estafet, yang jarang bahkan tidak pernah ditemui di lingkungan saya kisah tersebut sangat mengajarkan saya kita sebagai mahluk sosial harus saling membantu dan tak lupa menggunakan 4 kata ajaib yang sangat penting yaitu minta tolong, terimakasih, permisi dan maaf. Selain itu saya sangat salut kepada masyarakat Filipina dan Bu Yeyen dengan perlakuan serta cara menyuruh pergi bapak tersebut dengan sangat sopan walaupun bapak dengan kondisi yang kurang nyaman saat berada di sekitarnya. Selain itu, saya mendapatkan pelajaran bahwa kita sebagai manusia harus saling menghargai, walaupun kita tidak suka dengan orang tersebut. Saya juga pernah mendapatkan nasihat dari ibu saya semua yang kita lakukan (baik maupun buruk) kepada orang lain akan kembali ke diri kita sendiri.
    (Syifa Ayudya Nurhafiza X-8)


    ReplyDelete
  129. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  130. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  131. Pesan moral yang dapat saya ambil dari cerita di atas adalah toleransi dan emosi yang bisa dijaga antar sesama manusia. Serta menghargai orang lain itu tidak perlu dari ucapan saja, namun bagaimana kita bisa menjaga tingkah laku kita terhadap orang lain. Dari cerita diatas adalah walaupun bapak itu kurang waras tapi orang sekitar hanya menutup hidung karena menahan baunya. Tapi tidak ada yg memarahi ataupun melakukan perbuatan kasar.
    (Dewi purwitasari X7)

    ReplyDelete
  132. Cerita tersebut sangat menarik. penggunaan kata yang digunakan mudah dipahami, dari cerita itu kita dapat belajar untuk lebih bisa menghargai orang lain dan kita harus bersikap sopan dimana pun kita berada. Jeshifa Quaristy Aqmalia _X6

    ReplyDelete
  133. Dari cerita yang Bu Yeyen tuliskan diatas menurut saya sangat amat menarik, dikarenakan penggunaan kata kata yang tepat dan mudah untuk dipahami para pembaca serta memberikan rasa seolah-olah saya juga merasakan apa yang telah dilakukan oleh Bu Yeyen.
    Dari cerita tersebut banyak hal yang bisa saya ambil, yaitu dari orang-orang disana yang tidak lupa akan kata terimakasih dan tolong, saling toleransi terhadap sesama manusia tanpa melihat penampilan orang tersebut sekalipun dia orang stres, dan juga perilaku sopan yang tidak dilupakan.
    Kritik yang saya ingin sampaikan disini yaitu, mungkin Bu Yeyen bisa terlebih dahulu mengoreksi bacaan diatas agar tidak ada salah kata atau typo seperti paragraf ke-3 yaitu pada kalimat "Pembayaran yang dilakukan untuk naik Jeepney adalah secara estafet antar penumpang dan diberikan kepada penumpang yang (paing) dekat dengan sopir.", kata yang telah saya berikan tanda kurung tersebut adalah kata yang saya maksut, semoga kedepannya Bu Yeyen bisa lebih teliti dalam menuliskan kata, terimakasih.
    (Zaskia Ummu Abiha/X-8/36.)

    ReplyDelete
  134. Dari cerpen ini saya mengetahui bahwa kita tidak harus memandang kasta, umur, pangkat, maupun bentuk rupa untuk saling menghormati dan menghargai seseorang. cerpen ini sangat menarik dan unik, banyak pesan moral yang terkandung dalam cerpen ini. semoga kedepannya bisa lebih baik lagi.
    (Tata Dinata/X-9)

    ReplyDelete
  135. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  136. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  137. Menurut saya certia ini sangat menarik karena terdapat seorang pemilik toko yang berkewargaan negara filipina tertarik dengan bahasa indonesia dani ingin kursus bahasa indonesia.
    Dan terdapat motivasi belajar dari ibu Anifa yang ingin belajar bahasa indonesia dan yang keduanya yaitu adanya adab atau tatakrama dan toleransi dalam bacaan yang di tandai dengan adanya penumpang jaapney tiga mempererat antar hubungan negara karena di tunjukan kepada ibu Anifa yang ingin belajar bahasa indonesia.
    (Yoga Ramadhani/X8)

    ReplyDelete
  138. Dari cerpen tersebut, banyak pesan moral yang terkandung. Pertama, tentang bagaimana bu Yeyen dapat memperkenalkan bahasa Indonesia dan dapat memberi motivasi kepada orang lain untuk belajar bahasa Indonesia. Kedua, tentang pentingnya saling toleransi dan menjaga perilaku, terutama di negara orang lain. (Desmaniar Rachmani / X-9)

    ReplyDelete
  139. Kisah perjalanan yg sangat menarik dan juga menginspirasi dari Bu Yeyen, sikap Bu Yeyen yang pantang menyerah dan juga inspiratif ini patut kita apresisasi dan juga teladani sebagai generasi muda untuk selalu mencintai budaya dan juga bahasa.
    Lewat bahasa indonesian Bu Yeyen mampu menginspirasi banyak orang untuk mengenalkan indonesian ke luar negeri. Kita juga bisa belajar seperti Bu Yeyen untuk mengenal kehidupan dan juga budaya dari luar negeri seperti yg ada di filipina perbedaan tersebut pastinya di rasakan oleh Bu Yeyen.
    (May Diah Pratiwi/X8)

    ReplyDelete
  140. Pesan moral yang saya dapat dari kisah diatas ialah bahwasannya kita harus saling menghargai sesama manusia serta jangan menilai sifat seseorang dari penampilannya atau fisiknya karena orang yang tampilannya sangar belum tentu ia jahat begitu pula sebaliknya (Wahyu Indra Kurniawan/X8)

    ReplyDelete
  141. Cerpen di atas dapat menginspirasi kita tentang Kisah perjalanan yang sangat menarik dan juga menginspirasi dari Bu Yeyen, sikap Bu Yeyen yang pantang menyerah dan juga inspiratif ini patut kita contoh untuk generasi muda pada saat ini.
    Selain itu cerpen ini juga memberikan pembelajaran tentang toleransi dan emosi yang disampaikan melalui orang sekitar dan pak satpam yang diceritakan.(putri bunga lestari/X8)

    ReplyDelete
  142. Kesan saya dari cerita Bu Yeyen ini sangat unik dan menginspiratif,saya jadi termotivasi untuk belajar bahasa indonesia lebih baik lagi dan sadar bahwa kita harus bangga terhadap bahasa indonesia.
    Pelajaran lain yang dapat saya ambil dari cerita Bu Yeyen ini adalah ketika di Filipina bertemu "orang kurang waras",masyarakat Filipina memiliki sikap toleransi cukup baik, yang perlu kita contoh saat menghadapi orang orang yang kurang mengenakkan terhadap kita.
    (Milda Amalia_X9)

    ReplyDelete
  143. Cerita pendek diatas sangat menginspirasi kita semua karena kisah perjalanan yang sangat menarik dan juga menyenangkan. Didalam cerita tersebut terdapat sifat yang positif dimana seseorang yang bukan warga negara Indonesia berkeinginan untuk belajar bahasa kita yang wajib kita banggakan. Dan juga cerita diatas memberikan pengetahuan tentang toleransi,dimana kita harus selalu menghargai orang lain tanpa melihat siapa orang tersebut. (Anisa Dezzy Safitri/X8)

    ReplyDelete
  144. Kedua cerita tersebut mengandung nilai positif yang dapat diterapkan didalam kehidupan, sebagai makhluk sosial tentunya kita membutuhkan orang lain dalam hidup kita.Dan kita sesama manusia dapat saling membantu dan menghargai ,dan kita harus bangga terhadap bahasa kita yaitu Bahasa Indonesia.

    ReplyDelete
  145. Ceritanya sangat menyenangkan untuk dibaca terdapat banyak pesan moral yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, cerita diatas juga sangat lucu dengan adanya tingkah laku dari orang yang memiliki gangguan jiwa, tingkah dia membuat saya tertawa tetapi juga kasian terhadap penumpang yang lain akibat terganggu oleh bau badannya yang tidak enak. (Anisa Dezzy Safitri/X8)

    ReplyDelete
  146. Kisah di atas merupakan kisah yang dialami langsung oleh Bu Yeyen ketika menjadi pengajar BIPA di Filipina.Menurut saya ceritanya sangat menarik karena ada hal posotif yang terkandung dalam bacaan tersebut,yang pertama yaitu motivasi untuk belajar yang di tunjukan kepada ibu Anifa yang ingin belajar bahasa indonesia dan yang kedua yaitu adanya adab atau tatakrama dab toleransi dalam bacaan

    ReplyDelete
  147. Cerita yang sangat menarik, ini akan menambah wawasan baru untuk pembaca. Cerita ini juga mengandung banyak pesan moral, komedi, dan hal² yang unik. Selain itu, cerita ini dapat menginspirasi pembaca untuk menjadi traveler dimasa depan untuk menambah pengalamannya.( Muajid Fatkhu Rizik_X5 )

    ReplyDelete
  148. Ceritanya menarik untuk dibaca siapa saja karena mengajarkan kita untuk menjaga sikap dan perilaku dimana kita berada
    (Vanessa Rayhana Nugroho_X8)

    ReplyDelete
  149. Cerita tersebut sangat menarik. Penggunaan kata yang di gunakan mudah di pahami dan tidak ter Belit Belit. Pesan moral yang dapat di ambil dari cerita tersebut adalah kita dapat belajar untuk lebih bisa menghargai orang lain dan kita harus bersikap sopan di manapun kita berada. Menjaga toleransi dan emosi antar sesama. Menghargai orang lain tidak perlu dari sebuah ucapan,tapi kita juga bisa menghargai orang lain tersebut dengan cara menjaga tingkah laku orang lain.
    (Dinda Wulansari X8)

    ReplyDelete
  150. Cerita pendek itu menarik karena benar benar dialami oleh Bu Yeyen Ada beberapa hal positif yang bisa diambil dari cerita tersebut, pertama mulai dari warga negara Filipina yang ingin belajar bahasa Indonesia,itu tentunya bentuk warga asing yang menyukai dan tertarik dengan bahasakita yaitu bahasa Indonesia, Manfaat dari cerita tersebut yang pertama yaitu Memperluas pengetahuan dan pengalaman. Mempelajari budaya negara lain yang berarti menambah pengetahuan serta pengalaman kita mengenai bahasa Indonesia

    ReplyDelete
  151. Kesan saya dari cerita Bu Yeyen ini sangat unik dan menginspiratif,saya jadi termotivasi untuk belajar bahasa indonesia lebih baik lagi dan sadar bahwa kita harus bangga terhadap bahasa indonesia.
    Pelajaran lain yang dapat saya ambil dari cerita Bu Yeyen ini adalah ketika di Filipina bertemu "orang kurang waras",masyarakat Filipina memiliki sikap toleransi cukup baik, yang perlu kita contoh saat menghadapi orang orang yang kurang mengenakkan terhadap kita.
    (Marcelio/X-8)

    ReplyDelete
  152. Pesan moral yang dapat di ambil dari cerita di atas yaitu, setiap manusia harus saling menghargai dan toleransi terhadap orang lain, baik itu orang waras maupun orang tidak waras.
    (Muhammad dani wibowo/X-8)

    ReplyDelete
  153. Menurut saya kisah kedua ini sangat menarik,menginspiratif,dan saya juga kagum dengan perilaku Bu yeyen yang tetap ingin berkomunikasi walaupun sama sama tidak tahu apa yang di bicarakan. Mencoba berkomunikasi dengan bapak pengemudi Bicycle KJRI DavO dan bnyak hal-hal positif yang dapat saya ambil dari cerita tersebut.Yaitu warga Negara Asing yang belajar bahasa indonesia
    (Muhamad Andaru_X5)

    ReplyDelete
  154. Cerpen dari Bu Yeyen sangat bagus sekali, bahasa dan alurnya mudah dipahami.

    Pesan moral yang saya dapat dari cerpen tersebut adalah untuk menjaga sikap dan lebih menghargai orang lain. Dan dari cerpen ini, membantu saya untuk termotivasi dalam belajar.(SUCIARA SAENOON / 30 /X-8)

    ReplyDelete
  155. Menurut dari kisah cerita diatas sangatlah menarik.Dimana dari cerita tersebut kita bisa belajar saling menghargai satu sama lain itu sangatlah penting dan harus kita lakukan dimana pun kita berada (Erika Denia Nurhayati X9)

    ReplyDelete
  156. Menurut saya dari kisah cerita diatas sangatlah menarik.Dimana dari cerita tersebut kita bisa belajar saling menghargai satu sama lain itu sangatlah penting dan itu harus dilakukan dimana pun kita berada (Erika Denia Nurhayati_X9)

    ReplyDelete
  157. Ceritanya bagus dan menarik, kata-kata yang digunakan cukup mudah untuk dipahami oleh pembaca. Dari cerita tersebut kita harus menghargai, menghormati orang lain meskipun tidak kenal,dan bersikap sopan dimana pun kita berada. (Safira Putri Ramadhani/32/X-6)

    ReplyDelete
  158. Cerita yang menginspirasi,cerita tersebut menggambarkan bagaimana memiliki rasa toleransi kepada sesama, rasa menghormati sesama orang lain dan berkomunikasi terhadap orang lain tanpa memandang dari penampilannya meskipun belum mengenalnya.Dan rasa cinta Indonesia untuk mengajarkan bahasa Indonesia kepada orang luar negeri.Ricki Haryanto Putra_X5

    ReplyDelete
  159. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  160. Pesan moral yang dapat diambil dari cerita di atas adalah kita harus saling menghargai sesama manusia,dan kita bisa menjaga tingkah laku terhadap orang lain toleransi dan emosi yang bisa kita jaga antara sesama. (Prima Widyaningrum 29/X6)

    ReplyDelete
  161. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cerita yang menarik dan menginspirasi. Menggunakan kata yang mudah di pahami dan membuat pembaca seolah olah ia bisa merasakan suasana tersebut. Dari cerita di atas bisa di ambil pesan moral nya yaitu bagaimana cara nya memanusiakan manusia ,selalu berbuat baik kepada siapa pun tidak membeda bedakan dan saling menghargai. ( syafira Maudina /35/X6)

      Delete
  162. Ceritanya sangat menarik,bahasanya mudah
    dipahami.banyak pelajaran yang dapat diambil dari cerita ini yaitu sikap toleransi dan saling menghargai sesama manusia dan semangat Ibu Anifa untuk belajar bahasa Indonesia dapat dijadikan pelajaran.

    ReplyDelete
  163. Pesan moral yang dapat di ambil. Menghargai orang lain itu ternyata tidak perlu dari sebuah ucapan saja, namun bagaimana kita bisa menjaga tingkahlaku kita terhadap orang lain. ( Bevirlita keisa Hanafi x-8)

    ReplyDelete
  164. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  165. dari cerita di atas saya sangat kagum dengan ibu anifa, karena beliau mau mempelajari bahasa Indonesia yang mana bahasa tersebut pasti nanti dapat beliau pergunakan saat berkunjung ke tanah Abang. dan saya juga sangat kagum kepada warga Filipina yang sangat memanusiakan manusia dan dapat menahan emosional dalam dirinya ( aura zidni azkia _ X9 )

    ReplyDelete
  166. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  167. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  168. Cerpen yang sangat menarik dan menginspirasi, selebihnya lagi untuk kaum milenial saat ini agar lebih dapat belajar ber bahasa Indonesia. Seharusnya kita sebagai warna negara Indonesia harus bangga karena banyak orang asing yang menyukai bahasa kita ini. Dan tidak lupa kita harus lebih menghargai, menjaga sopan santun dan adab dimanapun berada dan kepada siapapun. Serta kita tidak boleh berprasangka buruk kepada orang lain.
    VIRAYI KANIA CHIKA_X9

    ReplyDelete
  169. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  170. Cerita tersebut sangatlah menarik serta menginspirasi bagi saya, selain bahasanya mudah dipahami, cerita tersebut juga mengandung banyak pelajaran yang bermanfaat bagi saya, salah satunya adalah : bahwasannya kita harus saling bertoleransi terhadap siapapun walau seburuk apapun mereka tetapi kita harus senantiasa menjaga tingkah laku dan emosi kita dimanapun kita berada.
    Selain itu kita juga dapat mengetahui bahwa bu Anifa yaitu seorang yang berasal dari negara Filipina yang memiliki ketertarikan serta semangat yang luar biasa untuk dapat belajar bahasa Indonesia (Niken Fani Ramadhani, X7)

    ReplyDelete
  171. Menurut saya pesan moral yang dapat diambil dari cerpen diatas adalah: kita harus memiliki sikap toleransi sesama manusia dan saling menghargai tanpa memandang dari fisik serta menjaga sikap, tingkah laku dan ucapan dimana pun berada(Afrida nur fadila_X6)

    ReplyDelete
  172. Cerita ini sangat menarik dan sangat menginspirasi pembaca, ternyata bahasa Indonesia sangat terkenal sehingga diminati berbagai negara. Pesan moral yang dapat saya ambil dari cerpen Bu Yeyen saat menjadi guru Bipa di Filipina yaitu kita harus menghormati dan menghargai sesama manusia walaupun kita tidak mengenalnya serta selalu mengedepankan sikap sopan santun dimana pun kita berada. Dari cerpen diatas saya juga tahu bahwa bahasa Indonesia sudah sangat terkenal. (Sahal Mansur_X7).

    ReplyDelete
  173. dari cerpen yang di sampaikan, kita mendapatkan pesan moral berupa toleransi antar sesama manusia dan menghargai orang lain. Bahasa yang digunakan di cerpen tersebut juga mudah di pahami dan sering di jumpai di kehidupan sehari-hari. Pengalaman unik ke luar negri membuat saya juga ingin pergi ke luar negri untuk mendapatkan pengalaman unik sedemikian rupa. Walaupun isi cerpen itu sangat sederhana, namun inti dari cerpen itu sangat menginspirasi.

    ReplyDelete
  174. dari cerpen yang di sampaikan, kita mendapatkan pesan moral berupa toleransi antar sesama manusia dan menghargai orang lain. Bahasa yang digunakan di cerpen tersebut juga mudah di pahami dan sering di jumpai di kehidupan sehari-hari. Pengalaman unik ke luar negri membuat saya juga ingin pergi ke luar negri untuk mendapatkan pengalaman unik sedemikian rupa. Walaupun isi cerpen itu sangat sederhana, namun inti dari cerpen itu sangat menginspirasi. ( X-8)

    ReplyDelete
  175. Cerpen diatas sangat menarik dan menginspirasi pembaca, pesan moral yang bisa diambil adalah kita tidak boleh berprasangka buruk kepada orang lain walaupun itu dari penampilan nya keliatan nya jahat tpi belum tentu hatinya jahat, kita harus menghormati sesama manusia

    ReplyDelete
  176. Cerita ini mengandung pesan moral yang sangat berarti dari perlunya menghormati segala perbedaan yang ada, kemudian toleransi dan tahan amarah baik toleransi secara lisan maupun secara perbuatan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEKS DAN DRAMA AUDIO NEGOSIASI

Teks Laporan Hasil Observasi