Kali Mendut-Part 3

 

KALI MENDUT

Bab 3 : Tito menghilang

 

Andi dan Tito  melanjutkan kegiatan memancing mereka di Kali Mendut. Sudah lebih dari 1 jam Tito memancing tapi tidak satupun ikan yang tertarik pada kailnya.


Andi    : To, ikannya pada tidur kali ya.

Tito      : Kalau gitu coba kamu bangunin.
Andi    : Sudah hampir 2 jam kita di sini nggak dapat ikan.
Tito      : Bagaimana kalau kita pindah tempat yang agak ke bawah.
Andi    : Aduh! Udah capek aku, To. Perut juga sudah mulai keroncongan.
Tito      : Jadi kamu mau pulang?
Andi    : Kalau 30 menit lagi nggak juga dapat ikan, aku mau pulang. Kamu kalau mau turun ke bawah ya turun aja.
Tito      : Ya udah ya, aku turun ke bawah. Mungkin ikan di sana lebih banyak.

 

Tito akhirnya turun ke aliran Kali Mendut yang  berada di bawah. Andi yang menolak ajakan Tito tetap berada di tempat memnacing meraka yang awal. Tito berjalan menyusuri aliran Kali Mendut yang tidak terlalu dalam. Di sela perjalanannya itu ia ingat kejadian yang dialami oleh Yuli dan Rati tadi.
Tito bergumam dalam hati, “Di sini tadi kan tempat Yuli menginjak ular”. “Coba lihat ahh, memangnya ada ular beneran, paling juga Yuli mengada-ada. Mana ada ular di Kali Mendut. Paling juga cacing apa belut”, Kata Tito.


            Tito pun membuka daun-daun jati yang menutupi Kali Mendut. Ia penasaran apakah benar-benar ada ular di bahwa daun itu. Ia berpikir Yuli hanya mengada-ada. “Ternyata memang tidak ada”, kata Tito. Tito pun melanjutkan  perjalanannya. Tidak lama kemudain, ia sampai di salah satu kedung (Bahasa Jawa: bagian sungai yang dalam) yang di sana airnya agak dalam dan ia berharap akan mendapatkan banyak ikan. Saat sampai di tempat itu, Tito melihat ada batu yang berlubang di tengahnya. Seperti sebuah terowongan, karena sebagian batu itu tergenang oleh air. Tito pun coba mengais ke dalam terowongan batu tersebut. “Siapa tahu ada ikan besar di sini”, Kata Tito.

Andi yang terududuk lama di batu besar tempat ia memancing merasa bosan. Ia bosan karena tidak satupun ikan ia dapatkan.  “Tito mana sih”, Kata Andi. “To, Tito ia memanggil-manggil nama Tito”, teriak Andi. Andi pun pergi ke bawah mencari Tito. Ia memanggil-manggil dan berjalan menyusuri Kali Mendut, tetapi tidak jawaban dari Tito. Ia pun tidak melihat Tito. “Jangan-jangan Tito ngerjain aku nih, mungkin dia pulang duluan, Ya udahlah aku pulang aja” kata Andi. Andi pun bergegas pulang karena ia beranggapan Tito telah meninggakannya.

Comments

  1. Sifat Tito yang terlalu menyepelekan sesuatu tidak baik untuk dicontoh.

    Natasha Anin Dya Putri X6

    ReplyDelete
  2. Pesan yang kita dapat dari cerita di atas kita harus selalu hati - hati dalam melakukan apapun dan kita harus selalu berfikir dahulu sebelum melakukan sesuatu

    ReplyDelete
  3. Riska X6
    Ceritanya bagus, bahasanya juga mudah di pahami

    ReplyDelete
  4. dari cerita di atas seharusnya tito lebih hati hati dan tidak menyepelekan
    Chelsia Kirana X9

    ReplyDelete
  5. Tito kemungkinan besar bisa saja masuk ke dalam batu berlubang tadi atau terowongan karena bisa jadi itu pusaran air yang menyedot Tito. Seharusnya Andi jangan pulang dulu karena mungkin Tito sedang membutuhkan pertolongan. Tapi semoga saja keadaan Tito baik-baik saja tidak tersedot lubang batu tadi dan semoga seperti yang dipikiran Andi Tito sudah pulang duluan. ( Syifa Ayudya Nurhafiza_X8)

    ReplyDelete
  6. Sifat Andi yang tidak percaya dengan perkataan Tito,padahal Tito sedang berpetualang di salah satu kedung(bagian sungai yang dalam) untuk mencari ikan
    Vanesaa X8

    ReplyDelete
  7. Ceritanya bagus mudah dipahami,seharusnya tito lebih berhati-hati,dan tidak ceroboh

    ReplyDelete
  8. tidak boleh menyepelekan apa yang sudah terjadi,dan berhati-hati dalam bertindak saat melakukan sesuatu yang mungkin itu berbahaya

    ReplyDelete
  9. setelah saya membaca chapter 3 ini, saya jadi penasaran, pada chapter 2, Rika, Rati, dan Yuli mencari udang/ikan di bagian bawah dan anehnya mereka hanya melihat " ular " dan tidak melihat batu berlobang seperti terowongan itu, dan pada chapter kali ini Tito bisa melihat batu itu. Hm apakah Tito seorang " indigo " atau dia berbeda dari teman"nya??

    ReplyDelete
  10. Cerita di atas membuat saya penasaran dan menimbulkan teka-teki dengan kelanjutan kisah Tito, apakah dia benar-benar menghilang atau akhirnya ia bisa pulang dengan selamat.

    septi a/x8

    ReplyDelete
  11. Dari cerita di atas kita harus berhati-hati saja

    ReplyDelete
  12. Andi kenapa kamu ga dari awal ikut Tito aja sihhh, dasar mageran. Tapi gapapa Tito aku tim kamu! semoga Tito ga hilang tapi pergi ke tempat yang banyak ikannya dan Tito bisa dapet ikan deh.

    ReplyDelete
  13. Dari cerita di atas seharusnya tito ber hati hati dalam melakukan sesuatu. Dan tidak menyepelekan hal hala kecil.
    Dinda Wulansari X8

    ReplyDelete
  14. Sifat Tio yng menyepelekan hewan buas dan tidak berhati hati saat mencari ikan adalah suatu hal sifat yng tidak baik atau sifat yang ceroboh

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Dari cerita di atas kesimpulan yang dapat kita ambil, jangan pernah sekali' menyepelekan hal kecil apa pun itu, dan selalu berhati hati ketika mengunjungi tempat yang baru pertama kali kita kita datangi.

    ( Kukuh Ridho Febri Alan_X-8 )

    ReplyDelete
  17. Anisa Dezzy (X-8)9 January 2023 at 08:49

    Tokoh Tito yang bersifat keras kepala dan juga suka menyepelekan hal kecil tidak bagus untuk ditiru. Tapi sifat semangat dan pantang menyerahnyalah yang patut kita tiru, akan tetapi kita juga harus mengingat waktu karena sudah 2jam lamanya ia tak kunjung pulang dan karena itu dapat membuat orang rumah khawatir.

    ReplyDelete
  18. Sebaiknya Tito jangan sok tau karena bisa membahayakan diri sendiri

    ReplyDelete
  19. Cerita tersebut menarik untuk dibaca dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, tetapi kata kata yang digunakan pada cerita tersebut ada sedikit kesalahan.

    ReplyDelete
  20. Mungkin Tito tidak mendengar panggilan Andi makanya Tito tetap melanjutkan mencari ikan dan semoga saja Tito baik² aja.(Fery X8)

    ReplyDelete
  21. Dalam cerita si Tito memiliki karakter yang berani dan memilki rasa ingin tahu yang besar terhadap apa yang ingin dia lakukan, berbeda dengan karakter si Andi yang memiliki sifat penakut, tidak sabaran, dan tidak setia kawan , sehingga kita harus tetap setia kawan terhadap teman meskipun berbeda pikiran dengan kita.
    Ega Adit Laksono X8

    ReplyDelete
  22. Ceritanya bagus, dan bahasa yang digunakan mudah untuk dipahami( bevirlita X8)

    ReplyDelete
  23. Dari cerita diatas kita tahu Jangan pernah menyepelekan hal yang sekecil apapun
    (Awang X-8)

    ReplyDelete
  24. Tito mempunyai sifat yang terlalu menyepelekan sesuatu hal,tidak baik dicontohk

    ReplyDelete
  25. Cerita nya lumayan menarik, apabila Tito mau di ajak Andi pulang bahkan Tito pun tidak akan hilang di sungai
    Pasya x-8

    ReplyDelete
  26. Alur cerita sangat menarik membuat pembaca penasaran hingga tidak sadar sudah di akhir cerita.
    (ika x8)

    ReplyDelete
  27. Dari cerita di atas tito seharusnya tidak memyepelekan dan harus selalu berhati hati di manapun dan kapanpun (x8)

    ReplyDelete
  28. Dari cerita diatas Tito tidak boleh menyepelekan sesuatu yang tidak baik untuk dicontoh karena bisa membahayakan dirinya

    May diah pratiwi X8

    ReplyDelete
  29. Ceritanya bagus dan mudah dipahami ,cerita ini juga bagus untuk di ceritakan
    Nabila×8

    ReplyDelete
  30. Cerita ini lumayan menarik

    ReplyDelete
  31. Ceritanya sudah menarik namun comedy nya kurang napol
    (Wahyu indra kurniawan-X8)

    ReplyDelete
  32. Cerita di atas mudah dipahami, seharusnya Tito tidak menyepelekan hal" kecil yang sudah terjadi dan yang bisa membahayakan dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  33. Cerita di atas mudah di pahami,seorang Tito yang selalu menyepelekan hal" kecil.

    ReplyDelete
  34. Andi seharusnya tidak meninggalkan temannya si Tito, semoga Tito tidak dibawa penunggu Kali Mendut dan semoga Tito baik-baik saja.
    zaskia x8

    ReplyDelete
  35. Seharusnya tito harus lebih berhati-hati ketika menyusuri sungai ( Devita Anggraini X_8)

    ReplyDelete
  36. Cerita ini lumayan menarik
    Yoga Ramadhani X-8

    ReplyDelete
  37. Kita harus berfikir sebelum melakukan sesuatu jangan mencontoh sikap Tito yg tidak baik dan seenaknya saja.

    Nama:Diska Dewantoro X-8

    ReplyDelete
  38. Tito terlalu ceroboh terhadap lubang yang berada di tengah batu, karena bisa jadi di dalam lubang tersebut berisi ular. Dan andi seharusnya mencari tito lag, sebelum pergi pulang.
    M dani wibowo/X8

    ReplyDelete
  39. “Jangan-jangan Tito ngerjain aku nih, mungkin dia pulang duluan, Ya udahlah aku pulang aja” kata Andi. Andi pun beregas pulang karena ia beranggapan Tito telah meninggakannya
    (SUCIARA SAENOON X.8)

    ReplyDelete
  40. Sifat tito yang tidak gampang putus asa dan tetap berusaha agar mendapat apa yang dia mau patut ditiru, akan tetapi harus berhati-hati dan tidak menyepelekan suatu hal.

    Avrilita X5

    ReplyDelete
  41. Dari cerita di atas seharusnya tito tidak menyepelekan dan harus lebih berhati-hati di mana pun dia berada, dan kesimpulan nya adalah jangan pernah menyepelekan hal kecil apa pun itu dan harus selalu berhati hati ketika mengunjungi tempat yang baru.

    (Renita X5)

    ReplyDelete
  42. Cerita sudah bagus enak untuk di baca tetapi masih ada kurangnya yaitu ceritanya nanggung nga sampai mentok selesai .terus itu nasip si tito gimana?

    ReplyDelete
  43. Untuk menanggapi cerita tersebut..
    Ternyata rasa penasaran itu bisa saja menjadi petaka. Tito itu pun seharusnya.. berpikir² kembali sebelum melakukan yang ia lakukan. Jika tidak akan ada masalah yang terjadi di Tito.
    (Khoirul Rizal Rizqi X5)

    ReplyDelete
  44. Tito adalah orang mudah tertarik, kepoan dan dia orang yang tidak berhati-hati

    ReplyDelete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. Pesan yang kita dapat dari cerita di atas
    Kita harus selalu berhati-hati dalam melakukan apapun dan berfikir terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu
    Titis alianto 10X6

    ReplyDelete
  47. Seharusnya tito tidak menyepelekan hal hal kecil, karena bisa jadi membahayakan diri sendiri.
    Putri_X6

    ReplyDelete
  48. Saya bertanya tanya tentang keadaan Tito, apakah dia akan hilang untuk selama lamanya?
    Jakti X/6 (20)

    ReplyDelete
  49. dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa Tito memiliki sifat yang pantang menyerah tetapi ada juga sifat Tito yang tidak boleh dicontoh yaitu keras kepala
    (Afrida X6)

    ReplyDelete
  50. rasa penasaran yang terlalu beerlebihan memang tidak baik

    ReplyDelete
  51. cerita nya sangat menyenangkan untuk di baca ⭐⭐⭐⭐⭐

    ReplyDelete
  52. Rasa penasaran Tito sangat berbahaya, bisa saja Tito tidak bisa keluar dari lubang itu. Seharusnya ia berhati-hati apabila menemukan hal yang seperti itu yang belum terjamin keselamatannya.
    LAILA NURMALA SUSILOWATI/17/X6

    ReplyDelete
  53. Prima Widyaningrum10 January 2023 at 08:41

    Cerita diatas sangat menarik kita juga harus berhati-hati dan tidak boleh menyepelekan hal kecil
    (Prima Widyaningrum X6)

    ReplyDelete
  54. Tito terlalu menyepelkan ucapan teman temannya, dan itu dapat membahayakan dirinya sendiri

    ReplyDelete
  55. Tito harusnya kamu berhati-hati
    Dita x6

    ReplyDelete
  56. Seharusnya tito menyetujui kata andi ketika andi mengajak pulang tetapi tito tetap kukuh pada pendiriannya
    Naula amelia s.p/X6

    ReplyDelete
  57. Dari cerita tersebut sifat Tito yang tidak mudah putus asa patut dicontoh, dan seharusnya Tito tidak menyepelekan dan harus lebih berhati-hati di mana pun dia berada, dan kesimpulan nya adalah jangan pernah menyepelekan hal kecil apa pun itu dan harus selalu berhati hati ketika mengunjungi tempat yang baru.
    (Nabila Shinta Dewi/X6)

    ReplyDelete
  58. Cerita diatas sangat bagus dan mudah dipahami.

    ReplyDelete
  59. Cerita ini mengesankan, tokoh Tito sangat pemberani karena berani memasuki terowongan dekat Kedung yang sangat dalam itu sendirian, tetapi seharusnya dia mengajak Andi supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan tidak ditinggal oleh tokoh Andi.

    Keysa Putri Anggraini 15/X6

    ReplyDelete
  60. Seharusnya tito tidak mengais kedalam terowongan batu tersebut karena kemungkinan didalamnya terdapat ular (Arkan X6)

    ReplyDelete
  61. Pada part-3 ini membuat penasaran bagi pembaca karena hilangnya Tito, semoga Tito dalam keadaan baik-baik saja dan tidak masuk ke alam lain. Koreksi typo: bahwa (bawah), kemudain (kemudian), terududuk (terduduk).

    ReplyDelete
  62. Tito sebaiknya lebih berhati - hati lagi karna bisa saja di dalam terowongan tersebut terdapat ular atau hewan yang berbahaya

    ReplyDelete
  63. Ceritanya bagus dan mudah dipahami. Saya kurang suka sama sifat Tito yang seenaknya sendiri dan menyepelekan hal-hal kecil yang dapat membahayakan diri dia sendiri.

    ReplyDelete
  64. Ceritanya mudah di pahami lanjut part4?(Angga w.s/X6)

    ReplyDelete
  65. Ceritanya bagus dan menarik

    ReplyDelete
  66. Ceritanya bagus, dan mudah dipahami .
    Alda Risma Reva Liani( X6 )

    ReplyDelete
  67. rasa penasaran tito selain baik juga membahayakan, selain itu sifat keras kepala tito yang tidak mau mendengarkan ucapan temannya sangat tidak patut dicontoh
    (eka auliya x6)

    ReplyDelete
  68. Cerita nya sangat menarik,ditunggu part4nya

    ReplyDelete
  69. Seharusnya tito lebih berhati-hati, dan tidak ceroboh. Pasha X6

    ReplyDelete
  70. Tito seharusnya mengesampingkan rasa penasaran terhadap batu yang ada di di kedung, karena bisa membahayakan keselamatan dirinya (Laura X6)

    ReplyDelete
  71. Erick fernando (X6)10 January 2023 at 08:48

    Ceritanya sangat menarik. dan dari cerita diatas dapat kita pelajari bahwa kita tidak boleh menyepelekan hal hal kecil dan selelu berhati hati.

    ReplyDelete
  72. tito seharusnya mengajak teman agar saat terjadi apa apa teman teman tau melihatnya dan menolong (della x5)

    ReplyDelete
  73. Sikap Tito yang menyepelekan hal hal kecil tidak patut dicontoh sebaiknya Tito tidak sembrono dengan tempat yang tidak diketahuinya.
    (Zaskia Nurfadillah_X5)

    ReplyDelete
  74. Cerita yang menarik, bahasanya budah dipahami dan cerita yang seru
    (Nasifa Azahwa_X5)

    ReplyDelete
  75. Ceritanya bagus dan menarik.Dari teks diatas kita dapat ambil hikmah yaitu kita tidak boleh meremehkan/menyepelekan hal hal kecil.
    Diah Ayu F F X5

    ReplyDelete
  76. cerita tersebut sangat menarik, tapi Tito selalu menyepelekan atau tidak mempercayai apa yang dikatakan oleh teman nya.

    Aghniya azka nabila 02/X5

    ReplyDelete
  77. Sikap Tito yang menyepelekan hal yang kecil dan saya juga penasaran oleh chapter selanjutnya
    (RizkyX5)

    ReplyDelete
  78. Dari cerita di atas kita dibuat penasaran oleh cerita tersebut apakah Tito akan tetep menghilang atau Tito dapat ditemukan
    (Naychilla Ananda Putri Rasha X5)

    ReplyDelete
  79. Cerita nya bagus dan mudah untuk di pahami

    ReplyDelete
  80. Ceritanya sangat menarik pembaca,dari cerita tersebut kita bisa belajar lebih dalam lagi untuk tidak seenaknya menyepelekan hal hal yang kecil karena bisa membahayakan diri sendiri dan lebih tepatnya dalam bertindak atau berucap.ketika kita lagi ada di mana saja .Terima kasih (aghina sataria nadin X5)

    ReplyDelete
  81. seharusnya tito lebih berhati-hati dan tidak terlalu menganggap remeh sesuatu yang mencurigakan termasuk terowongan yang ia anggap ada ikannya, andi juga seharusnya menunggu tito kembali atau mencari tito, karena siapa tahu tito dalam situasi berbahaya, bisa saja tito benar benar menemukan ular yang ditemukan oleh yuli
    (sheril X5)

    ReplyDelete
  82. Cerita diatas kita bisa menyimpulkan jadi tidak boleh menyepelekan hal kecil apapun dan kita harus berhati-hati
    ( Selvia X5 )

    ReplyDelete
  83. jangan pernah menyepelekan hal kecil apa pun itu dan harus selalu berhati hati ketika mengunjungi tempat yang baru.
    Yanuar Arifianto X5

    ReplyDelete
  84. Dari cerita di atas sangat menarik,dan membuat saya sangat penasaran apa yang terjadi pada tito setelah masuk ke dalam terowongan itu.

    (mar'atus sholikhah x5)

    ReplyDelete
  85. Ceritanya menarik dan mudah dipahami, dari cerita di atas kita mendapatkan pelajaran bahwa kita tidak boleh menyepelekan hal-hal kecil karena bisa membahayakan diri sendiri. (Eka Auliya X5).

    ReplyDelete
  86. Dari cerita tersebut seharusnya Tito berhati dan tidak boleh menyepelekan dan sebaiknya berhati" dalam bertindak

    ReplyDelete
  87. Cerita diatas membuat penasaran dari kelanjutan cerita
    Dan kesimpulannya kita tidak boleh bersifat keras kepala dan jangan menyepelekan hal-hal kecil.

    ReplyDelete
  88. Sifat tito yang tidak gampang putus asa dan tetap berusaha agar mendapat apa yang dia mau, patut ditiru. Akan tetapi harus berhati-hati dan tidak menyepelekan suatu hal.

    Avrilita X5

    ReplyDelete
  89. bagian ketiga ini membuat saya sangat penasaran dengan kelanjutannya. Windi X-5

    ReplyDelete
  90. Yonifa Intaha'a Aisya Hanum Faradiba10 January 2023 at 12:54

    Tito memiliki rasa keingin tahuan yang sangat tinggi. Sebenarnya sangat bagus memiliki sikap itu, akan tetapi Tito terlalu menyepelekan hal-hal kecil dan itu tidak baik.

    ReplyDelete
  91. Alur cerita yang menarik membuat pambaca menjadi penasaran
    (Nanang/X5)

    ReplyDelete
  92. Dari cerbung diatas, dapat disimpulkan bahwa Tito memiliki watak keras kepala dan terlalu menyepelekan ucapan Yuli dan Rani bahwa ada ular didekat bebatuan. Tito juga memiliki rasa penasaran yang tinggi untuk pergi ke Kedung yang cukup dalam Tito memasukinya dikarenakan ada terowongan.

    (Naysha Dian Pratiwi_X5)

    ReplyDelete
  93. dari cerita diatas kita bisa tahu bahwa rasa penasaran yang berlebihan tidak baik dan juga jangan terlalu menyepelekan

    May Ditta Subagiyo X5

    ReplyDelete
  94. Dari cerita di atas kita harus sabar jika akan mendapatkan sesuatu
    Ricki X5

    ReplyDelete
  95. Dari cerita tersebut Tito memiliki sifat keras kepala.bahwa Tito pengen kebawah dan penasaran dengan batu tersebut.(Mellyana Ayu Ananda Rista X5)

    ReplyDelete
  96. Tidak boleh menyepelekan apa yang sudah terjadi,dan berhati-hati dalam bertindak saat melakukan sesuatu yang mungkin itu berbahaya (M.Arif Hidayatullah X5)

    ReplyDelete
  97. Cerita tersebut membuat pembaca penasaran karna apa yang membuat hilangnya tito

    (Andaru Akbar X5)

    ReplyDelete
  98. Cerita di atas membuat pembaca penasaran apa yang terjadi pada tito

    ReplyDelete
  99. certianya sangat menginspirasi bagi pembaca,dan jangan suka menyepelekan hal yang kecil (sania trisnawati X7)

    ReplyDelete
  100. Sebaiknya Tito tidak menyepelekan perkataan Andi
    (Andara Abdul Khohar_X7)

    ReplyDelete
  101. Jangan mudah menyepelekan apa yang dikatakan oleh orang lain, dan kita harus tetap berpikir positif dalam keadaan apapun dan dimana pun. (S Nur F X.7)

    ReplyDelete
  102. Ceritanya sangattt bgss, dan menarikk :)

    ReplyDelete
  103. Cerita diatas mengajarkan kita agar tidak menyepelekan hal hal kecil(Rahma Dwi X7)

    ReplyDelete
  104. cerita tersebut sangat banget dan dari cerita tersebut kita tidak boleh menyepelekan hal sesuatu yang kita tidak tau dan cerita tersebut membuat pembaca penasara karena apa Tito menghilang (Dyah ayu_13)

    ReplyDelete
  105. Dari cerita tersebut, kita dapat tahu bahwa, tidaklah baik menyepelekan sesuatu hal. Apalagi hal tersebut sudah dialami oleh teman kita sendiri. rasa penasaran memanglah membuat kita menjadi tertantang, buktinya saya merasa penasaran, kemana perginya Tito

    ReplyDelete
  106. Litrasi kali ini sangat bagus ending yang sangat membuat pembaca penasaran, belajar dari tito jangan suka menyepelekan dan jangan egois juga keras kepala, cerita ini sangat bagus bahasanya mudah menarik pembacanya

    ReplyDelete
  107. Sikap Tito yang terlalu menyepelekan sesuatu tidak baik buat keselamatan dirinya sendiri
    (Anggun sifa a X7 )

    ReplyDelete
  108. Diva Riana Ayu Pitaok/X710 January 2023 at 14:06

    Ceritanya sangat menyenangkan, saya penasaran apa yang ada di dalam terowongan yang dimasuki Tito

    ReplyDelete
  109. menarik untuk dibaca

    ReplyDelete
  110. Sebelum kita melakukan sesuatu, sebaiknya kita berfikir dulu. Dan kita juga harus berhati-hati dalam bertindak. Saya penasaran dengan lanjutan dari cerita tersebut. Jadi saya tunggu untuk partai selanjutnya.
    (Riyanti Rahmasari X7)

    ReplyDelete
  111. Ceritanya bagus, megajarkan kita untuk selalu berhati-hati.
    (Regista dwi arsati x7)

    ReplyDelete
  112. sebaiknya jadi orang jangan mudah menyepelekan suatu hal

    ReplyDelete
  113. RAFI AHMAD FAUZI
    X7

    ReplyDelete
  114. Kita hidup sebagai makhluk sosial yang harus tolong menolong semasa manusia (sahal mansur_X7)

    ReplyDelete
  115. Tito adalah anak yang keras kepala. Disaat Yuli dan Rati mendapati adanya ular, Tito tetap tidak percaya pada mereka, bahkan dia membuka tumpukan daun jati dimana ular itu berada

    ReplyDelete
  116. Sangat menarik untuk dibaca
    Rachel x7

    ReplyDelete
  117. Ceritanya cukup bagus,tapi sifat Tito terlalu menyepelekan suatu hal kecil.
    jadi janganlah kamu gampang menyepelekan suatu hal walaupun itu hal kecil
    Dewi purwitasari X7

    ReplyDelete
  118. Cerita ini dapat mengingatkan walaupun kita tidak percaya apa yang dikatakan orang, setidaknya kita harus menanamkan rasa waspada saat akan bertindak dan bukan menyepelekan informasi dari seseorang tersebut. (Riana X7)

    ReplyDelete
  119. sebaiknya kita berhati-hati sebelum melakukan sesuatu (Indra X7)

    ReplyDelete
  120. Sangat menarik untuk di baca

    ReplyDelete
  121. Ceritanya cukup menarik, dari Tito kita dapat belajar bahwa kita harus lebih berhati-hati lagi dalam melakukan sesuatu.
    Selvia wulandari X7

    ReplyDelete
  122. Ceritanya sangat menghibur
    (Ummi siti masyithoh X-7)

    ReplyDelete
  123. Jadi ora jangan terlalu keras kepala karna itu tidak baik (lira lufiana X7)

    ReplyDelete
  124. Tito ternyata orang nya punya rasa penasaran yang tinggi☺, tapi harus berhati hati lagi.
    ( Nofaulia aella ramadhany)

    ReplyDelete
  125. bagus, pesan moralnya 'kita tidak bole menyepelekan suatu hal agar tidak terjerumus ke hal yang tidak baik'

    ReplyDelete
  126. Ceritanya bagus (mayshita aurrelia X.5)

    ReplyDelete
  127. Ya dengan sikap Tito, mungkin dia akan kurang beruntung di cerita ini.

    Apakah ada suatu plot twist?
    Tentang ular, terowongan dan sungai itu sendiri.....

    Hanya bisa mengira ngira

    ReplyDelete
  128. seharusnya tito mengurangi rasa penasarannya dan jangan pernah menyepelekan hal" sekecil apapun itu (aniss X5)

    ReplyDelete
  129. Pesan yang kita dapat dari cerita di atas kita harus selalu hati - hati dalam melakukan apapun dan kita harus selalu berfikir dahulu sebelum melakukan sesuatu
    (Muhammad syahrul imam x. 5)

    ReplyDelete
  130. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  131. Dari cerita diatas seharusnya tito tidak menyepelekan hal hal kecil dan harus lebih berhati-hati.
    Rafa Verita Ratna Dewati X.5

    ReplyDelete
  132. ⭐⭐⭐⭐⭐

    ReplyDelete
  133. Alur ceritanya menarik tapi masih banyak typo yang perlu diperbaiki lagi. Nayla X5

    ReplyDelete
  134. ceritanya menarik, tetapi watak tokoh Tito suka yang menyepelekan hal kecil itu tidak baik di contoh.

    ReplyDelete
  135. Cerita di atas membuat saya penasaran dan menimbulkan teka-teki dengan kelanjutan kisah Tito, apakah dia benar-benar menghilang atau akhirnya ia bisa pulang dengan selamat?.
    (Lawu Badra priyono)X.5

    ReplyDelete
  136. Adinda Clara Anggraini11 January 2023 at 07:13

    dari cerita diatas dapat diambil kesimpulannya adalah kita harus berhati-hati dan jangan menyepelekan hal hal kecil.(Adinda X.5)

    ReplyDelete
  137. bagus menarik

    ReplyDelete
  138. cerita diatas sangat menarik, mengundang tawa dan rasa penasaran dari pembaca. amanat yang dapat saya ambil dari cerita diatas yaitu kita harus berfikir dua kali sebelum melakukan sesuatu.
    (Sasta Ardhia X.5)

    ReplyDelete
  139. cerita diatas membuat penasaran dan menimbulkan teka teki tentang bagaimana keberlanjutan kisah tokoh tito, apakah dia akan selamat atau tidak (Zeni Rahmawati X5)

    ReplyDelete
  140. Dapat kita ambil dari pengalaman Tito yaitu jangan suka menyepelekan hal yang sepele karena bisa menjerumuskan kita ke hal yang buruk.Dan harus tetap berhati hati dalam menjalankan hal apapun.

    [Naila Khoirin X.5]

    ReplyDelete
  141. Andhika Yudi Fernanda11 January 2023 at 07:14

    Dapat disimpulkan bahwa kita tidak boleh menyepelekan suatu hal yang sudah terjadi
    Karena ketidakpercayaan Tito kepada temannya membuat ia dalam kesusahan
    (Andhika X.5)

    ReplyDelete
  142. CERITA YANGGG SERUUU, TAPI ADA BEBERAPA YANG TYPO. (IRLY X5)

    ReplyDelete
  143. Sebaiknya kita jangan menyepelekan suatu hal . meskipun hal itu kecil
    (Tri Puji Astuti X.5)

    ReplyDelete
  144. Windi Aprilia X511 January 2023 at 07:16

    Ceritanya cukup menarik, tetapi tokoh Tito selalu menyepelekan dan ceroboh tentang hal-hal kecil.

    ReplyDelete
  145. Pesan dari cerita di atas kita tidak boleh menyepelekan apa yang sudah terjadi dan selalu berhati-hati dalam melakukan sesuatu yang mungkin itu berbahaya.

    ReplyDelete
  146. tito berusaha untuk mendapatkan ikan ke aliran kali mendut

    ReplyDelete
  147. ceritanya cukup menarik dan bagus , watak tokoh Tito cukup tidak baik untuk di contoh karena senang untuk menyepelekan sesuatu hal yang seharusnya tidak ia lakukan.

    ReplyDelete
  148. Dari cerita diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kita harus lebih hati hati dan berfikir sebelum bertindak.

    ReplyDelete
  149. Ceritanya menarik dan untuk tito seharusnya lebih berhati hati dan jangan menyepelekan suatu hal sekecil apapun itu
    (Oni puji X.5)

    ReplyDelete
  150. dapat di simpulkan bahwa tokoh Tito itu orang yang ceroboh dengan tingkat keingintauhannya yang tinggi

    ReplyDelete
  151. ceritanya mudah dipahami, pesan untuk tito agar tidak menyepelekan Dan tetap hati-hati di kedung

    ReplyDelete
  152. Cerita di atas membuat saya penasaran dan menimbulkan teka-teki dengan kelanjutan kisah Tito, apakah dia benar-benar menghilang atau akhirnya ia bisa pulang dengan selamat.

    Muhammad Lukman hakim permana X-5

    ReplyDelete
  153. Ceritanya cukup menebarkan ketika Tito masuk keterowongan karena bisa saja itu berbahaya bagi dirinya, karena musibah bisa datang kapan saja dan dimana saja tidak melihat tempat...Dan seharusnya, Andi tidak meninggalkan Tito begitu saja. Dari cerita tersebut kita diminta untuk selalu berhati hati.
    Nama : Azalia
    Kelas : x.5

    ReplyDelete
  154. Ceritanya fiksi

    ReplyDelete
  155. Rani kafifah x-511 January 2023 at 07:21

    Bisa diambil kesimpulan bahwa kita harus tetap berhati hati dan tidak menganggap remeh suatu hal yang mencurigakan karena dapat membahayakan diri. Andi juga seharusnya menunggu tito kembali dan mencari tito karena bisa jadi tito dalam situasi bahaya bukan malah ditinggal pulang dan membiarkan tito di kali mendut sendiri

    ReplyDelete
  156. ceritanya seru, penasaran sama kelanjutan nya
    azka fauzia X.4

    ReplyDelete
  157. tito seorang yang ceroboh dengan keingintahuanya

    ReplyDelete
  158. Seharusnya Tiro harus berpikir panjang sebelum melakukan sesuatu dan tidak menyepelekan suatu hal

    (Rika X.4)

    ReplyDelete
  159. Harus berhati hati dalam melakukan sesuatu (Aulia X4)

    ReplyDelete
  160. Ceritanya bagus dan mudah di pahami selain itu dari cerita di atas seharusnya Tito tidak boleh menyepelekan dan sebaiknya berhati" dalam bertindak

    ReplyDelete
  161. Raehanun Nabila Azzahra X.411 January 2023 at 08:40

    cerita nya seruu, tidak bosan untuk terus membaca dan kesimpulan yang saya ambil dari cerita diatas adalah kita harus selalu berhati hati dimanapun dan kapanpun, jangan mneyepelekan sesuatu

    ReplyDelete
  162. kesimpulan nya Tito sangat ceroboh dan terlalu tidak mementingkan keselamatan nya sendiri, jadi pelajaran yg dapat diambil dari Tito tidak boleh terlalu menganggap remeh suatu hal yang dapat membahayakan diri sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Jihan Nadya Andayani
      ( X.4)

      Delete
  163. dari cerita chapter 3 ini menurut saya agak nanggung ceritanya,banyak teka teki,seperti lobang pada batu,tidak adanya ular,dan kemana perginya tito,juga menurut saya agak kurang rinci ceritanya,karna tidak ada gambaran dimana Tito.
    (Nafisainsani X.4)

    ReplyDelete
  164. Cerita nya bagus dan bahasanya mudah di pahami
    (Hesti x.4)

    ReplyDelete
  165. Ceritanya menarik dan kesimpulan yg bisa kita ambil adalah jangan menyepelekan hal sekecil apapun dan lebih berhati hati
    Dina Ari X4

    ReplyDelete
  166. disini saya mendapat kesimpulan bahwa kita harus tetap berhati hati dan tidak menganggap remeh suatu hal yang mencurigakan karena dapat membahayakan diri, dan membuat saya penasaran hingga menimbulkan teka teki bagaimana kelanjutan kisah tito.
    (Andhara / X.4)

    ReplyDelete
  167. Ceritanya bagus dan menarik.. Watak tito tidak patuh dicontoh karena menyepelekan hal yang kecil dan membuatnya dalam bahaya.. (Anisa X.4)

    ReplyDelete
  168. Makin lama makin seru ceritanya (WIDI X4)

    ReplyDelete
  169. Kita harus berhati hati dalam mengambil keputusan,jangan sampai ceroboh dalam melakukan hal apapun
    Rananta X.4

    ReplyDelete
  170. Ceritanya bagus dan menarik, membuat penasaran cerita selanjutnya (Kahfi X4)

    ReplyDelete
  171. Dari cerita di atas kesimpulan yang dapat kita ambil, jangan pernah sekali' menyepelekan hal kecil apa pun itu, dan selalu berhati hati ketika mengunjungi tempat yang baru pertama kali dikunjungi. Pesan yang kita dapat dari cerita di atas kita harus selalu hati - hati dalam melakukan apapun dan kita harus selalu berfikir dahulu sebelum melakukan sesuatu.
    Nama : Baiti Nurjanah
    Kelas : X4

    ReplyDelete
  172. Tokoh Tito egois dan menyepelekan suatu hal, seharusnya Andi mencari Tito karena bisa jadi Tito dalam situasi berbahaya
    (Zasqia X.4)

    ReplyDelete
  173. Ceritanya bagus, menarikan dan mudah dipahami. Pesan moralnya untuk tito : seharusnya tito lebih berhati-hati,tidak menyepelekan hal hal kecil dan tidak ceroboh.
    ( Adi X.4 )

    ReplyDelete
  174. Harus berhati-hati dalam bertindak saat melakukan sesuatu yang mungkin itu berbahaya.
    (Khaila Faza X.4)

    ReplyDelete
  175. Seharus nya tito tidak meremehkan suatu kejadian dan tetap berhati-hati.
    Andi juga seharusnya mencari tito dan menyusuri kali sampai tito ketemu

    Nathasya Putri A (X4)

    ReplyDelete
  176. dari cerita tersebut kita dapat belajar agar lebih ber hati-hati dan tidak menyepelekan hal sekecil apapun.
    Olivia x-4

    ReplyDelete
  177. lanjutan ceritanya sangat menarik dan bagus, bahasanya juga cukup mudah untuk dipahami (mitaX4)

    ReplyDelete
  178. Dari cerita di atas kita tidak boleh menyepelekan sesuatu hal
    (Desvita ayu .p X.4)

    ReplyDelete
  179. Cerita yang bagus
    (Eka putra) X.4

    ReplyDelete
  180. ceritanya menarik(Marsya X. 4)

    ReplyDelete
  181. kita harus lebih hati hati dan berfikir sebelum bertindak.
    (Farah X.4)

    ReplyDelete
  182. Cerita nya menarik bagus dan mudah dipahami ( irfan x. 4 )

    ReplyDelete
  183. Wah cerita nya asik kali, sangat bagus naufal x6

    ReplyDelete
  184. Janganlah kamu egois berpikirlah sebelum bertindak

    ReplyDelete
  185. Ceritanya menarik dan mudah dipahami, ditunggu part selanjutnya:)

    ReplyDelete
  186. ceritanya menarik
    Hanifa x6

    ReplyDelete
  187. Sebaiknya kita tidak boleh menyepelekan kejadian,dan kita harus tetap hati-hati,,hikmah X6

    ReplyDelete
  188. Cerpen diatas sangat direkomendasikan untuk dibaca oleh pembaca

    ReplyDelete
  189. Alfi X6
    Karakter Tito memiliki sifat yang pantang menyerah dan tidak putus asa

    ReplyDelete
  190. Tito tidak hilang, Andi saja yang malas mencarinya

    ReplyDelete
  191. critanya bikin penasaran(Eryna X.6)

    ReplyDelete
  192. Dari cerita tersebut kita dapat mengambil hikmah agar selalu berhati-hati dan berpikirlah sebelum melakukan suatu tindakan (Adyuta Arga X6)

    ReplyDelete
  193. Tito selalu bercanda dan menyepelekan kata teman nya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEKS DAN DRAMA AUDIO NEGOSIASI

Teks Laporan Hasil Observasi