KALIMAT EFEKTIF

 


 

Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan pemakainya secara dan dapat dipahami secara tepat pula.

 

Ciri-ciri kalimat efektif: lengkap, logis, serasi, padu, hemat, cermat, tidak taksa, tidak rancu, bervariasi.

 

1.    Kalimat Lengkap: kalimat yang unsur subjek dan predikatnya ada.

Soal:

Perbaiki kalimat-kalimat ini menjadi kalimat efektif (kalimat lengkap)

a.      Pada upacara itu dihadiri oleh para dosen.

b.      Untuk anak-anak tidak membayar.

c.       Kepada hadirin dimohon berdiri!

d.      Bahwa merokok itu tidak baik untuk kesehatan.

Jelaskan unsur-unsur kalimat di bawah ini!

a.       Pembangunan gedung ini (S)digunakan(P)  untuk menampung mahasiswa baru.(K)

b.      Gedung ini (S) dibangun (P) untuk menampung mahasiswa baru.(K)

c.       Pelatihan ini(S) bertujuan(P) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.(K)

d.      Bahasa Indonesia(S) adalah bahasa negara.(P)

e.       Bahasa Indonesia(S) berkedudukan (P) sebagai bahasa negara.(K)

2.     Kalimat logis: kalimat yang unsur-unsurnya memiliki hubungan yang bernalar (masuk akal)

Soal:

Perbaiki  kalimat-kalimat di bawah ini menjadi kalimat yang logis!

a.       Waktu kami persilahkan! Bapak kami persilahkan!

b.      Kita berkewajiban mengentaskan kemiskinan di negara ini. Kita berkewajiban mengentaskan orang-orang miskin itu dari penderitaan/  kita berkewajibab megatasi/menanggulangi kemiskinan di negara ini.

c.       Arema harus mengejar ketinggalannya. Arema harus mengatasi ketinggalannya./ Arema harus mengejar kemajuan lawannya.

d.      Dokter berusaha menyembuhkan penyakit pasiennya. Dokter berusaha menyembuhkan pasiennya/ dokter berusaha membasmi penyakit pasiennya.

e.       Polisi sibuk mengatur kemacetan lalu lintas. polisi sibuk mengatasi kemacetan lalu lintas/ polisi mngatur kelancaran lalu lintas.

3.    Kalimat serasi: kalimat yang unsur-unsurnya baik bentuk maupun maknanya memilki keserasianatau keseseuaian.

Soal:

a.      Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah memahami, menghayati, dan pengamalan. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah memahami, menghayati, dan mengamalkan.

b.      Setelah memahami dan menghayati Pancasila, Pancasila harus diamalkan. Setelah memahami dan menghayati Pancasila, kita harus mengamalkan.

4.    Kalimat padu: kalimat yang fungsi unsur-unsurnya bertautan secara utuh dan jelas.

Soal:

a.       Merokok, menurut dokter Darmawan, dapat menyebabkan serangan jantung dan kanker.

b.      Martini, sepeninggal suaminya, merana hidupnya.

c.       Saya, ketika ayah datang, sedang belajar.

d.      Hal itu kami sudah jelaskan kemarin.

5.    Kalimat hemat: kalimat yang unsur-unsurnya tidak ada yang mubazir (berlebihan).

Soal:

a.       Para guru-guru dan murid-murid mengadakan upacar bendera setiap hari Senin.

b.      Anak-anak saya pintar-pintar.

c.       Bantuan itu seharusnya dibagikan kepada mereka-mereka yang tergolong miskin.

d.      Demikian untuk meningkatkan mutu guru perlu diadakan penataran.

e.       Bahasa adalah merupakan alat berkomunikasi yang paling penting bagi manusia.

6.    Kalimat Cermat: Kalimat yang strukturnya teratur dan sesuai kaidah alat-alat kalimat (urutan, bentuk kata, kata tugas, intonasi.

Ciri-Ciri: tidak lebih, tidak kurang, tidak rancu.

Soal:

a.       Demi untuk meningkatkan mutu pendidikan memerlukan dana yang besar.

b.      Di Perpustakaan Universitas Sebelas Maret tersedia buku-buku yang dibutuhkan oleh mahasiswa maupun dosen.

c.       Ada hubungan yang erat antara ibu dengan anak.

d.      Antara A dan B berbeda.

7.    Kalimat Taksa (ambigu): kalimat yang bermakna lebih dari satu.

Soal:

a.       Toto tidak masuk sekolah ibunya sakit.

b.      Uang itu sudah dikirimkan kakak.

c.       Murid itu wajib hormat guru.

d.      Istri Pak Camat yan baru memang ramah sekali.

e.       Hartini mau menikah dengan Hartono.

8.    Kalimat rancu: kalimat yang terjadi dari penggabungan dua kalimat yang masing-masing strukturnya benar menjadi satu kalimat yang strukturnya salah.

a.       Dengan usaha koperasi dapat mengumpulkan dana yang cukup besar.

b.      Seperti kita ketahui bahwa merokok itu tidak baik bagi kesehatan.

c.       Meskipun kakinya sakit, tetapi Bambang tetap ikut bermain.

9.    Kalimat bervariasi: kalimat yang strukturnya berbeda tetapi maknanya relatif sama.

Soal:

a.       Dibeli ayah rumah itu.

b.      Dibeli oleh ayah rumah itu.

c.       Buku itu saya sudah membaca.

d.      Pencopet itu lari, melihat polisi datang.

 

 

                                                                                                    

Comments

Popular posts from this blog

TEKS DAN DRAMA AUDIO NEGOSIASI

Teks Laporan Hasil Observasi