TEKS BIOGRAFI

 

a.       Penjelasan Biografi

Kata biografi secara harfiah berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang bermakna hidup dan graphien yang berarti tulis (Darmawati, 2013: 92). Dengan kata lain, biografi merupakan tulisan tentang kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain. Umumnya biografi berisi tulisan yang memaparkan riwayat kehidupan seseorang berdasarkan fakta, data, dan peristiwa atau kejadian yang dialami. Bahasa yang digunakan dalam teks biografi harus lugas, jelas, serta tidak bertele-tele agar tidak menimbulkan pemahaman yang berbeda dan bias pada pembaca. Isi biografi tidak hanya berupa biodata, daftar nama, data kelahiran, dan informasi lainnya, tetapi lebih kompleks. Dapat juga berisi pandangan, sikap, perasaan, pemikiran hingga peristiwa atau kejadian yang dialami tokoh. Akan tetapi, tidak semua aspek atau peristiwa diceritakan, hanya hal yang dinilai penting atau menarik untuk diketahui dan bermanfaat bagi pembaca. Oleh karena itu, tokoh atau sosok dalam biografi bukanlah tokoh atau sosok biasa, tetapi merupakan orang yang berpengaruh, sudah sukses, orang yang berjasa, dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar isi teks biografi dapat menjadi pelajaran hidup atau inspirasi dan bermanfaat bagi pembacanya.

b.      Ide pokok dan ide penjelas

Untuk memahami sebuah teks biografi, kalian perlu memperhatikan ide pokok dan ide penjelas di dalamnya. Ide pokok merupakan sebuah topik yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Karena itu, bentuk kalimatnya bersifat umum. Letak ide pokok umumnya mengikuti letak kalimat utama, yaitu pada awal PANDUAN KHUSUS 139 Memetik Keteladanan dari Biografi Pahlawan Bab 5 paragraf (deduktif), akhir paragraf (induktif), dan campuran keduanya. Berikut ini contoh letak ide pokok pada paragraf deduktif dan induktif.

1.       Ide pokok pada paragraf deduktif

Aman Datuk Madjoindo lebih dikenal sebagai penulis cerita anak-anak. Ketenarannya sebagai penulis cerita anak disebabkan profesinya sebagai pengasuh rubrik cerita anak-anak di majalah Panji pustaka. Di majalah mingguan itu, ia sering memublikasikan cerita anak. Sudah tidak terhitung jumlah cerita anak yang sudah ditulisnya selama bekerja di majalah tersebut. Ide pokok: Aman Datuk Madjoindo penulis cerita anak. Kalimat utama: Aman Datuk Madjoindo lebih dikenal sebagai penulis cerita anak-anak . Ide penjelas: a. Ketenarannya karena mengasuh rubrik cerita di Panji Pustaka. b. Ia sering memublikasikan cerita anak. c. Tidak terhitung jumlah cerita anak yang ditulisnya.

2.       Ide pokok pada paragraf induktif

Kartini saat itu menganggap wanita pribumi banyak yang tidak memiliki pendidikan layak sehingga tidak mengenal baca tulis. Mereka juga sering mendapat perlakuan diskriminasi jenis kelamin. Selain itu, wanita pribumi juga kerap tidak mendapatkan persamaan hak, kebebasan berpendapat, dan kesetaraan hukum. Itulah beberapa alasan Kartini yang bercita-cita ingin memajukan wanita Indonesia. Ide penjelas:

a.   Kartini menganggap wanita pribumi tidak memiliki pendidikan.

b.   Mereka mendapat perlakukan diskriminasi.

c.   Wanita pribumi tidak mendapat persamaan hak, kebebasan berpendapat, dan kesetaraan hukum. Kalimat utama: Itulah beberapa alasan Kartini yang bercita-cita ingin memajukan wanita Indonesia. Ide pokok: Alasan Kartini ingin memajukan wanita Indonesia

 Unggah video biografi kalian di sini!   Video Biografi

Comments

Popular posts from this blog

TEKS DAN DRAMA AUDIO NEGOSIASI

Teks Laporan Hasil Observasi